//


Notice: Undefined variable: authorss in /var/www/html/lib/detail.inc.php on line 470

Notice: Undefined variable: authorss in /var/www/html/lib/detail.inc.php on line 495

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII-B SMP NEGERI 3 BANDAR DUA PIDIE JAYA TAHUN 2011-2012

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang
SubjectTEACHING METHODS
STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS TYPE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Model pembelajaran merupakan suatu pola yang disusun bagi kepentingan pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan tujuan yang harus dicapai serta disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku. Permasalahan yang ditemui bahwa nilai rapor siswa pada mata pelajaran IPS lebih rendah dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya. Realitas inilah, yang ingin dicari faktor penyebabnya apakah karena strategi pembelajaran yang diterapkan selama ini kurang menarik minat dan motivasi siswa atau karena faktor-faktor lainnya. Untuk itulah, maka sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar siswa, dilihat peningkatan prestasi mereka setelah penerapan pembelajaran kooperatif Tipe STAD. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui: 1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi pembelajaran IPS siswa Kelas VIII/B SMP Negeri 3 Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya tahun pelajaran 2011/2012; dan 2) kendala yang dihadapi guru dalam penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD pada mata pelajaran IPS Siswa Kelas VIII/B SMP Negeri 3 Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya tahun pelajaran 2011/2012. Pengumpulan data skripsi ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII-B SMP Negeri 3 Bandar Dua yang berjumlah 28 orang dan semuanya dijadikan sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan kooperatif Tipe STAD memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-B pada mata pelajaran IPS yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (57,14%), siklus II (75%), siklus III (85,71%). Dengan demikian, penerapan metode pembelajaran kooperatif Tipe STAD mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dan mata pelajaran IPS. Kendala-kendala yang masih ditemui dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, di antaranya masih ada di antara kelompok yang tidak bekerja dengan maksimal, masih ada anggota kelompok yang kurang aktif memberikan kontribusi dalam kelompoknya, waktu untuk pelaksanaan model pembelajaran tipe STAD masih terbatas, sehingga guru mengalami kesulitan untuk melakukan kegiatan pada bagian akhir pembelajaran.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG DIAJARKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION (SGD) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)DI SMP NEGERI 1 PEUKAN BADA (INDAH KHAIRANI, 2014)

THE USE OF STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS IN IMPROVING ENGLISH GRAMMAR OF EFL LEARNERS (AN EXPERIMENTAL STUDY AT THE STATE ISLAMIC UNIVERSITY AR -RANIRY) (SITI KHASINAH, 2016)

USING STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) IN TEACHING READING COMPREHENSION (AN EXPERIMENTAL STUDY AT SMP NEGERI 9 BANDA ACEH) (NURUL AINA, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHEIVEMENT DIVISIONS)UNTUK MENINGKAKTKAN HASIK BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMETAAN KONSEP SISWA PADA MATERI EKOSISTEM (ROSLIMAH, 2014)

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI EKSPONEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION) DI KELAS VII SMP FATIH BILINGUAL SCHOOL BANDA ACEH (Dovran Abdyrahmanov, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy