//

PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DI KELAS XI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Tengku Hafinda - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
TEACHING METHODS
SCIENTIFIC METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Pembelajaran dengan pendekatan scientific merupakan suatu pembelajaran yang dirancang agar peserta didik secara aktif merangkai konsep, hukum, atau prinsip-prinsip melalui tahapan-tahapan belajar yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan data (mengeksplorasi), mengasosiasi, dan mengkomunikasi. Dengan menerapkan pendekatan scientific diharapkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika mengalami peningkatan. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul ” Penerapan Pendekatan Scientific Pada Materi Fungsi Komposisi Di Kelas XI SMA Negeri 11 Banda Aceh ”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan pendekatan scientific siswa dapat mencapai ketuntasan belajar pada materi fungsi komposisi di kelas XI SMA Negeri 11 Banda Aceh?, dengan tujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa pada materi fungsi komposisi di kelas XI SMA Negeri 11 Banda Aceh dengan penerapan pendekatan scientific. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain one-shot case study (pre-eksperimen) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 11 Banda Aceh yaitu sebanyak 6 kelas. Dari populasi tersebut yang menjadi sampel hanya satu kelas saja yaitu kelas XI IA 2 sebanyak 25 siswa, penentuan sampel dilakukan secara Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, observasi aktivitas siswa dan angket respon siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pendekatan scientific siswa dapat mencapai ketuntasan belajar pada materi fungsi komposisi di kelas XI SMA Negeri 11 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI KALOR PADA SISWA KELAS VII7 SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Tika Yuliana, 2014)

PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII3 PADA MATERI GERAK LURUS DI SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (anista rahmi, 2015)

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERIPERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMPN 18 BANDA ACEH (Irna Handri Mastuti, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE YANG DIPADUKAN DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA SMP NEGERI 14 BANDA ACEH (Hulyatul Azni, 2015)

KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI GARIS DAN SUDUT DI KELAS VII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (Friantiani Safitri, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy