//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS SISWA SMA N 1 DARUL IMARAH ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zaini Fuza - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING OUTCOMES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Model EPA, hasil belajar siswa Apakah penerapan model pembelajaran EPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran EPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Listrik Dinamis Siswa SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar”. Dalam penelitian ini mengangkat masalah: (1) bagaimana aktivitas guru dan siswa pada pembelajaran fisika dengan menerapkan model EPA di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar; (2) bagaimana ketrampilan guru dalam mengelola pembelajaran fisika dengan menerapkan model EPA di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar; (3) apakah model EPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar; dan (4) bagaimanakah respons siswa terhadap penerapan model EPA di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) aktivitas guru dan siswa pada pembelajaran fisika dengan penerapan model EPA di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar; (2) ketrampilan guru dalam mengelola pembelajaran fisika dalam penerapan model EPA di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar; (3) peningkatan hasil belajar fisika dengan penerapan model EPA di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar; dan (4) respon siswa terhadap penerapan model EPA di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar yang berjumlah 26 siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase (%). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data disimpulkan bahwa: (1) aktivitas guru dan siswa sudah mencerminkan model EPA dalam pembelajaran di kelas X3 SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar; (2) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada 2 siklus mengalami peningkatan dari kriteria baik ke kriteria baik sekali; (3) ketuntasan individual meningkat dari skor rata-rata 83,46 pada siklus I menjadi 91,15 pada siklus II. Ketuntasan klasikal meningkat dari 60% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II; dan (4) respons siswa terhadap model pembelajaran EPA siswa sangat senang.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 DARUL IMARAH (Widia Merjia Rova, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015)

PENGARUH PENGGUNAAN ALAT LABORATORIUM FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 8 BANDA ACEH PADA POKOK BAHASAN PENGUKURAN (Mestika Anggun Kencana, 2016)

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTSS LAM UJONG ACEH BESAR (ZAHARA MUTIA, 2015)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS XI MAN BLANGPIDIE (Samsulimi, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy