//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI PERSAMAAN KEDUDUKAN WARGA NEGARA PADA SISWA KELAS X6 RNMAN RUKOH BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AL MUNA WARAH N - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: kooperatif tipe make a match, persamaan kedudukan warga negara. Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Persamaan Kedudukan Warga Negara pada Siswa Kelas X6 MAN Rukoh Banda Aceh”. Model pembelajaran make and match adalah sistem pembelajaran yang mengutamakan penanaman kemampuan sosial terutama kemampuan bekerja sama, kemampuan berinteraksi disamping kemampuan berpikir cepat melalui permainan mencari pasangan dengan dibantu kartu. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Februari s.d Mei 2014. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam mengembangkan aktivitas guru dan aktivitas belajar siswa pada materi persamaan kedudukan warga negara pada siswa kelas X6 MAN Rukoh Banda Aceh, 2) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas X6 MAN Rukoh Banda Aceh. Tujuan penelitian ini 1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam mengembangkan aktivitas guru dan aktivitas belajar siswa melalui materi persamaan kedudukan warga negara pada siswa kelas X6 MAN Rukoh Banda Aceh, 2) peningkatan hasil belajar siswa kelas X6 MAN Rukoh Banda Aceh melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan metode deskriptif dan jenis penelitian tindakan kelas. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X6 MAN Rukoh Banda Aceh yang berjumlah 25 orang yang terdiri dari 13 siswa dan 12 siswi. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi dan tes. Hasil penelitian diperoleh siswa pada siklus pertama dan kedua meningkat dengan persentase berturut-turut dari 64% menjadi 88% dan hasil ini menunjukkan tuntas secara klasikal. Aktivitas guru juga meningkat dari siklus pertama dan kedua dengan nilai rata-rata 3,16 dan 4, dan aktivitas siswa dengan nilai rata-rata 3,5 dan 4,5. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar melalui materi persamaan kedudukan warga negara pada siswa kelas X6 MAN Rukoh Banda Aceh. Adapun saran penulis sebagai berikut: proses belajar merupakan hal yang penting, namun dalam kenyataannya masih banyak siswa yang belum mampu belajar dengan baik, oleh karena itu strategi mengajar yang disusun oleh guru haruslah menarik agar dapat meningkatkan minat belajar siswa dan bagi siswa agar dapat belajar dengan baik, sehingga dapat dengan mudah memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru dengan penerapan model pembelajaran make a match dalam meningkatkan hasil belajar serta bagi guru diharapkan agar dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match karena mengingat dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang tentunya disesuaikan dengan materi ajar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (CUT JULITA ZAHARA, 2014)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI PERISTIWA ALAM DI KELAS V SD NEGERI LAMPEUNERUT ACEH BESAR (Cut Ati Rahmah, 2015)

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJARRNIPS KELAS VII-4 SMP NEGERI 4 KEJURUAN MUDARNKABUPATEN ACEH TAMIANG (RAHIMAH, 2014)

“PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI PENYESUAIAN DIRI HEWAN DENGAN LINGKUNGANNYA DI KELAS V SD NEGERI 56 BANDA ACEH (Syarifah Mursyida, 2014)

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKERNA-MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWARNKELAS VIII PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEMRNPERNAPASAN PADA MANUSIA DI SMP NEGERI 7RNKOTA LANGSA (Abdul Manaf, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy