//

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI CAHAYA DI MTSN RUKOH BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurhamidah - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING OUTCOMES
QUANTUM LEARNING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : quantum learning, hasil belajar Model pembelajaran Quantum Learning merupakan model pembelajaran yang membiasakan belajar menyenangkan, mengizinkan pendidik untuk memahami perbedaan gaya pembelajaran para siswa di dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa pada materi cahaya melalui model Quantum Learning di Kelas VIII MTsN Rukoh Banda Aceh. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Rukoh Kota Banda Aceh sebanyak 219 orang. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas. Kelas VIII_2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 39 orang yang diajarkan dengan metode pembelajaran Quantum Learning dan kelas VIII_3 sebagai kelas kontrol berjumlah 39 orang yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dokumentasi dan tes yang berbentuk pilihan berganda untuk soal pre-test dan post-test. Analisis yang digunakan untuk mengetahui perbedaan prestasi siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen digunakan analisis uji t-test. Sebelum dilaksanakan analisis data terlebih dahulu uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, dan uji homogenitas. Dari hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata dengan metode Quantum Learning pre-test = 36,833; SD 11,5 dan post-test = 75,23 ; SD = 10,388, sedangkan dengan metode pembelajaran konvensional pre-test = 37,038 ; SD = 12,056 dan post-test = 60,602 SD = 10,523. Untuk harga t_(tabel ) dengan α = 0,05 dan dk 76 diperoleh 2,000. Karena pengujian hipotesis dalam tabel penelitian ini menggunakan uji t diketahui t_(hitung )= 6,15 sehingga t_(hitung )> t_(tabel ), maka hipotesis diterima. Hal ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara metode pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada Materi Cahaya di MTsN Rukoh Kota Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI MAN 1 BANDA ACEH (SITI HAJAR, 2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA RNKELAS X-2 SMA NEGERI 1 SAMADUA RNKABUPATEN ACEH SELATAN (BUSTANIL KHAIR, 2014)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG DAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS VIII MTSN KUTA BARO ACEH BESAR (Lia Musnidar, 2015)

PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM TRANSPORATASI MAKHLUK HIDUP DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (Nursyafny Rizkiana, 2016)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG DIAJARKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN QUANTUM TEACHING DI SMPN 8 BANDA ACEH (Sarah Nadia, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy