Search :

Advance


PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII-1 SMP NEGERI 2 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hidayah - Personal Name
Subyek TEACHING METHODS
PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Hasil Belajar, Model PBL, Sistem Pencernaan Manusia. Telah dilakukan penelitian sejak bulan oktober sampai maret 2014 dengan judul Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dan mengetahui aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran Biologi dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMPN 2 Sawang Aceh Selatan dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan non tes, alat yang digunakan adalah lembar observasi, dan soal tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model Problem Based Learning pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VIII-1 SMPN 2 Sawang dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I sebanyak 66,67% meningkat menjadi 85,71% pada siklus II. Aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I dikategorikan baik, aktivitas siswa dalam pembelajaran siklus I dikategorikan cukup. Aktivitas guru pada siklus II secara keseluruhan dikategorikan baik sekali, dan aktivitas siswa pada siklus II dikategorikan baik. Kesimpulannya adalah penerapan model PBL dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 85,71%, demikian juga dengan aktivitas guru dan aktivitas siswa dikategorikan baik sekali dalam pembelajaran sistem pencernaan manusia.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS XI MAN BLANGPIDIE (Samsulimi, 2017)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM RESPIRASI MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DARI BAHAN SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 7 BANDA ACEH (Lidya Sri Rizki, 2014)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMP NEGERI 2 KUTA BARO (Vira Afrinanda, 2015)

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR DI SMP NEGERI 1 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN (ALZIKRI RAHMATILLAH, 2013)

PENGARUH AKTIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI INTEGRAL TAK TENTU FUNSI ALAJABAR DI KELAS XI SMA LABORATORIUM UNSYIAH (Fitria Rahmita Sari, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.