//

HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DENGAN KUALITAS HIDUPRNPASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DIRNINSTALASI DIALISIS BLUD RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDINRNBANDA ACEH TAHUN 2013

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ns. Trisna Rukmaliza, S.Kep - Personal Name
SubjectQUALITY OF LIFE
CHRONIC RENAL FAILURE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Karakteristik individu dapat mempengaruhi pola kehidupan seseorang. Karakteristik ini terdiri umur, jenis kelamin, pendidikan, penghasilan dan status perkawinan. Penderita gagal ginjal kronik sering mengalami penurunan dalam kualitas kehidupannya, dimana kualitas hidup ini dapat dipengaruhi oleh sejumlah karakteristik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahuhi hubungan karakteristik individu dengan kualitas hidup pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisis di BLUD Rumah Sakit Umum dr. Zainoel Abidin Banda Aceh Tahun 2013. Jenis penelitian deskriptif correlational dengan desain penelitian cross sectional study. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 63 responden. Hasil penelitian ini kategori umur lansia (65,1%), jenis kelamin laki-laki (63,5%), pendidikan rendah (38,1%), penghasilan rendah (34,9%), status menikah (79,4%) dan kategori kualitas hidup kurang yaitu (76,2%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara umur, jenis kelamin, dan status perkawinan dengan kualitas hidup dimana nilai p value masing masing (p=0,871), (p=1,000) dan (p=0,622), sedangkan pendidikan dan penghasilan berhubungan dengan kualitas hidup dengan perolehan nilai p value masing masing (p=0,046) dan (p=0,009). Diharapkan perawat dapat meningkatkan pemenuhan kebutuhan terhadap kualitas hidup seperti fisik, psikologis, sosial dan lingkungan.pada pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisis. Kata Kunci : Karakteristik Individu

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN LAJU ALIRAN SALIVA PADA PENDERITA GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS DI RSUDZA BANDA ACEH (Yuriza, 2015)

GAMBARAN GINGIVITIS PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS (KAJIAN DI INSTALASI HEMODIALISIS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH) (PUTRI SRI WAHYUNI, 2016)

KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG RNMENJALANI TERAPI CONTINUOUS AMBULATORYRNPERITONEAL DIALYSIS (CAPD) DI ACEH RNTAHUN 2013 (Sajida rahmalita, 2014)

HUBUNGAN STATUS GIZI PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK DENGAN KUALITAS HIDUP DIRUANG HEMODIALISIS DI RSUDZA (Maisura, 2019)

GAMBARAN SEROSTOMIA PADA PENDERITA GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS DI RSUDZA BANDA ACEH (Nadya Syahana, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy