//

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMPN 14 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2012/2013

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IIN ZIKRA MAULIDA - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: hasil belajar siswa, taraf berhasil belajar pendekatan CTL, kubus dan balok Kubus dan balok merupakan salah satu materi matematika yang sulit dipahami siswa di kelas VIII SMP Negeri 14 Banda Aceh. Rendahnya pemahaman siswa terhadap materi ini, diduga disebabkan pendekatan pembelajaran yang diberikan. Pendekatan CTL merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) hasil belajar siswa dapat mencapai taraf berhasil pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 14 Banda Aceh? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui taraf keberhasilan hasil belajar siswa melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 14 Banda Aceh. Hipotesisnya adalah melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) hasil belajar siswa dapat mencapai taraf berhasil pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 14 Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah eksperimen siswa, penelitiannya adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 14 Banda Aceh, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Banda Aceh sebanyak 24 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan tes akhir dan respon siswa. Data yang tercantum dalam penelitian ini diperoleh dari hasil jawaban siswa terhadap soal yang diberikan yang berbentuk essay. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t pada taraf signifikan α=0,05, dari hasil perhitungan diperoleh t_hitung=2,20 sedangkan t_tabel = 1,71 sehimgga t_hitung>t_tabel yaitu 2,20 > 1,71. Hasil penelitian ini diperoleh Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat mencapai taraf berhasil pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 14 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

THE IMPLEMENTATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING LISTENING SKILL TO SENIOR HIGH SCHOOOL STUDENTS (lia maisyarah, 2013)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 RANTO PEUREULAK (Safaruddin, 2014)

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGRNDALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI PENYESUAIAN RNMAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA PADA RNSISWA KELAS V SD NEGERI 56 BANDA ACEH (NURYULIA, 2014)

HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMPN 16 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (ZULFINA FAUZI, 2016)

EFEKTIVITAS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MA TERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 14 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Nova Zulvita Sari, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy