//

HUBUNGAN STRES DENGAN PERUBAHAN NAFSU MAKAN PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang wirdah - Personal Name
SubjectSTRESS - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

Stres adalah bagian dari kehidupan yang tidak dapat dihindari. Stres dapat dialami oleh siapa saja, termasuk mahasiswa kedokteran. Stres dapat menyebabkan berbagai macam gejala, salah satunya adalah perubahan nafsu makan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan stres dengan perubahan nafsu makan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala. Metode penelitian yaitu analitik observasional dengan desain cross sectional melibatkan 102 responden yang dipilih secara stratified random sampling. Untuk mengukur tingkat stres digunakan The College Life Stress Inventory (CLSI) dan perubahan nafsu makan diukur dengan Simplified Nutritional Appetite Questionnaire (SNAQ). Data yang diperoleh dianalisis dengan uji Spearman Rank Correlation. Hasil penelitian didapatkan p = 0,928 (p > 0,1) yang menunjukkan tidak terdapat hubungan antara stres dengan perubahan nafsu makan. Kata kunci: stres, perubahan nafsu makan, mahasiswa kedokteran.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENYUSUNAN SKRIPSI DENGAN GEJALA STRES PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA ANGKATAN 2009 (KHAIRUNNISAK, 2016)

HUBUNGAN STRES DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Diana Hasmarina, S.Ked, 2015)

GAMBARAN STRES PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER YANG SEDANG MELAKUKAN PENYUSUNAN SKRIPSI DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNSYIAH (riska handriani, 2014)

HUBUNGAN ANTARA STRES AKADEMIK DENGAN GINGIVITIS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Rizky Darmawan, 2016)

GAMBARAN STRES MAHASISWA TINGKAT PERTAMA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BERDASARKAN STRESSOR (Galumbang Saratoga, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy