//

PENGARUH CAMPURAN EKSTRAK DAUN PEPAYA DAN BIJI JARAK KEPYAR TERHADAP MORTALITAS SERTA PERKEMBANGAN Crocidolomia pavonana (Lepidoptera: Pyralidae)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Saudahrul Jannah - Personal Name
SubjectPLANT DISEASES-AGRICULTURE
EXTRACTIONS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Crocidolomia pavonana F. merupakan salah satu hama penting pada tanaman sayuran famili Cruciferae yang dapat merugikan secara ekonomis. Berbagai cara telah dilakukan untuk mengatasi serangan hama ini tetapi insektisida sintetik tetap digunakan, yang menimbulkan dampak negatif seperti resistensi hama, resurjensi hama, ledakan hama sekunder, terbunuhnya musuh alami dan pencemaran lingkungan serta berbahaya bagi kesehatan pengguna. Oleh karena itu diperlukan pengendalian cara lain yang ramah lingkungan yang salah satunya dengan menggunakan insektisida nabati yaitu ekstrak daun pepaya dan biji jarak kepyar. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan konsentrasi campuran dari ekstrak daun pepaya dan biji jarak kepyar yang efektif untuk mengendalikan C. pavonana. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Hama Tumbuhan Jurusan Agroteknologi, Fakultas Pertanian Univerrsitas Syiah Kuala, Banda Aceh. Penelitian ini berlangsung sejak Januari sampai dengan April 2013. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) non faktorial dengan 7 perlakuan dan 3 ulangan. Adapun peubah yang diamati, yaitu mortalitas larva Crocidolomia pavonana, persentase penghambat makan, persentase pupa yang terbentuk dan persentase imago yang muncul. Hasil penelitian dari aplikasi campuran ekstrak daun pepaya dan biji jarak kepyar bersifat sinergis dan berpengaruh sangat nyata terhadap mortalitas larva C. pavonana, persentase penghambat makan, persentase pupa yang terbentuk, dan persentase imago yang muncul. Penggunaan ekstrak daun pepaya dan biji jarak kepyar pada konsentrasi campuran (30 mL ekstrak daun pepaya + 30 ml ekstrak biji jarak) efektif untuk mengendalikan C. pavonana, karena mortalitas larva mencapai 90%. Keywords: ekstrak daun pepaya, biji jarak kepyar, Crocidolomia pavonana

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI KEEFEKTIFAN CENDAWAN BEAUVERIA BASSIANA TERHADAP MORTALITAS DAN PERKEMBANGAN CROCIDOLOMIA PAVONANA F.RN(LEPIDOPTERA : PYRALIDAE) (Rasmini Yanti, 2015)

PENGARUH CAMPURAN EKSTRAK BUAH MAHKOTA DEWA DAN KULIT BUAH JERUK PURUT TERHADAP MORTALITAS DAN PERKEMBANGAN CROCIDOLOMIA PAVONANA (F.) (DWIMA NADHILA, 2017)

EFEKTIVITAS MOLUSKISIDA NABATI DARI EKSTRAK BIJI PEPAYA (CARICA PAPAYA L.) PADA MORTALITAS KEONG MAS (POMACEA CANALICULATA L.) (Eka Vonita, 2017)

PENGARUH CAMPURAN EKSTRAK KULIT BAKAU DAN SERAI WANGI TERHADAP MORTALITAS DAN PERKEMBANGAN CROSIDOLOMIA PAVONANA (F) (Nozi Liansyah, 2018)

PENGARUH CAMPURAN EKSTRAK BUAH MENGKUDU DAN BAWANG PUTIH TERHADAP MORTALITAS DAN PERKEMBANGAN SERANGGA CROCIDOLOMIA PAVONANA F (Rauzati, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy