//

EKSISTENSI OMBUDSMAN PERWAKILAN ACEH TERHADAP PENGAWASAN PELAYANAN PUBLIK DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang afwani - Personal Name
SubjectBUREAUCRACY-PUBLIC ADMINISTRATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Di Indonesia kehadiran Ombudsman tidak terlepas dari tuntutan birokrasi. Sebagai negara hukum, dalam pelaksanaan tugas dan fungsi pemerintahan perlu adanya peningkatan dalam pengawasan. Pengawasan bertujuan untuk menjaga keseimbangan antara perlindungan hak warga negara dan tugas pemerintah, serta untuk mewujudkan pemerintahan yang baik. Ombudsman merupakan lembaga Negara yang bertugas melakukan pengawasan bersifat mandiri, tidak memiliki hubungan dengan Lembaga Negara lain dan tidak ada campur tangan dari kekuasaan lain. Dalam upaya mewujudkan pemerintahan yang baik atau good governance sebagai salah satu tugas Ombudsman, perlu sinkronisasi atau kesesuaian antara asas-asas yang menjadi dasar dalam pelaksanaan tugas dengan asas-asas umum pemerintahan yang baik. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran, tugas dan fungsi Ombudsman Aceh dalam mengawasi pelayanan publik serta dampak positif kehadiran Ombudsman di Kota Banda Aceh. Data yang diperlukan dalam penulisan skripsi ini di peroleh melalui penelitian kepustakaan yang bersumber dari buku teks, peraturan perundang-undangan serta bahan bacaan lainnya, dan penelitian lapangan dilakukan dengan cara mewawancarai informan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa peran Ombudsman di Aceh sudah cukup baik dalam mewujudkan aspirasi masyarakat untuk mewujudkan pemerintahan yang baik. Namun sosialisasi dalam mengoptimalkan tugas dan fungsi Ombudsman masih perlu di tingkatkan sebagai upaya memperkenalkan Ombudsman kepada masyarakat. Kehadiran Ombudsman di Aceh sudah memberikan dampak positif bagi instansi penyelenggara pelayanan publik maupun masyarakat. karena dengan adanya Ombudsman pihak pelayanan publik akan terus memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Kata Kunci: ombudsman, birokrasi, good governance.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERSEPSI PEMERINTAH KOTA BANDA ACEH TERHADAP PERAN PENGAWASAN OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN ACEH (KAJIAN TERHADAP DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA DAN DINAS KESEHATAN KOTA BANDA ACEH) (Vina Andia Ratna, 2017)

PERAN OMBUDSMAN RI PERWAKILAN ACEH DALAM MENGAWASI KINERJA PEMERINTAH DI KOTA BANDA ACEH (T. Fitra Yusriwan, 2018)

EKSISTENSI OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA DALAM SISTEM KETATANEGARAAN INDONESIA (KHAIRIYATI, 2014)

PELAKSANAAN PENGAWASAN OLEH OMBUDSMAN TERHADAP PENYELENGGARAAN PELAYANAN KESEHATAN DI KOTA BANDA ACEH (SRI WAHYUNI, 2016)

EKSISTENSI OMBUDSMAN PERWAKILAN ACEH TERHADAP PENGAWASAN PELAYANAN PUBLIK DI KOTA BANDA ACEH (afwani, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy