Search :

Advance


ANALISA FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS HIDUP PASIEN YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISA DI INSTALASI DIALISIS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ns. Ainlma. S.Kep - Personal Name
Subyek HEMODIALISYS - MEDICINE
CRONIC KIDNEY FAILURE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEDOKTERAN PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN SKRIPSI 25 Juni 2013 Lxiii+VI Bab + 88 halaman + 13 Tabel + 1 Skema + 18 Lampiran AINLMA 0907101020045 ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS HIDUP PASIEN YANG MENJALANI HEMODIALISA DI INSTALASI DIALISIS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013 ABSTRAK Pasien Penyakit Ginjal Kronik (PGK) memerlukan terapi hemodialisa akibat mengalami gangguan fungsi endokrin, metabolik, cairan elektrolit serta asam basa. Tindakan hemodialisa tersebut dapat berdampak terhadap kualitas hidup responden. Berbagai faktor yang diduga berhubungan dengan kualitas hidup pada responden hemodialisa diantaranya faktor umur, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, etiologi penyakit gagal ginjal kronik, lama menjalani hemodialisa, status nutrisi, kondisi komorbid, penatalaksanaan. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi dan menjelaskan faktor yang mempengaruhi kualitas hidup pada pasien yang menjalani hemodialisa di Instalasi Dialisis Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh Tahun 2013. Jenis dan desain penelitian ini adalah kuantitatif: deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional study. Tekhnik pengambilan sampel purposive sampling dengan jumlah sampel 58 orang. Pengumpulan data menggunakan wawancara terpimpin dengan pedoman kuisioner tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas hidup terdiri 14 item pertanyaan menggunakan skala dikotomi dan kualitas hidup terdiri dari 26 pertanyaan menggunakan skala Likert. Metode analisa data dengan analisa univariat dan bivariat. Hasil penelitian umur dengan kualitas hidup (0,534) dan kondisi komorbid dengan kualitas hidup (1,00) tidak ada pengaruh yang signifikan. Jenis kelamin dengan kualitas hidup (0,001), pendidikan dengan kualitas hidup (0,032), pekerjaan dengan kualitas hidup (0,001), etiologi penyakit dengan kualitas hidup (0,026), lama menjalani hemodialisa dengan kualitas hidup (0,003), status nutrisi dengan kualitas hidup (0,001), penatalaksanaan dengan kualitas hidup (0,007) ada pengaruh yang signifikan. Saran dari hasil penelitian ini untuk pihak rumah sakit hendaknya memberikan informasi, memberikan pelayanan, serta memberikan pendidikan kesehtan yang dapat mendukung kondisi kesehatan pasien. Kata kunci : Gagal ginjal kronik, hemodialisa, kualitas hidup Daftar bacaan : 17 buku (2000 – 2012) + 12 skripsi + 7 jurnal + 2 internet

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PERAN PERAWAT PELAKSANA DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL GINJAL KRONIS YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (RIDHA MUTIA, 2015)

STUDI KOMPARATIF TINGKAT KECEMASAN PASIEN YANG MENJALANIRNTERAPI CONTINUOUS AMBULATORY PERITONEAL DIALYSIS (CAPD)RNDENGAN TERAPI HEMODIALISA DI RUMAH SAKIT UMUMRNDAERAH DR. ZAINOEL ABIDINRNBANDA ACEH (SRIWAHYUNI, 2015)

HUBUNGAN DERAJAT ANEMIA DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISA DIRUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDINBANDA ACEH (Rizki Nanda Putra, 2016)

GAMBARAN GEJALA-GEJALA DEPRESI PADA PASIEN YANG SEDANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISA DI INSTALASI DIALISIS RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Yokha Pratama edo, 2014)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECEMASAN PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (FARAH ULLYA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.