//

PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PENCEGAHAN PENYAKIT PADA PENDERITA DIABETES MELITUS DI KECAMATAN PASIE RAJA KABUPATEN ACEH SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YUNI FAJRI - Personal Name
SubjectENDOCRINE DISEASES (BIOLOGY)
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci :pengetahuan, sikap, pencegahan, diabetes melitus Penelitian yang berjudul “Pengetahuan, Sikap, dan Pencegahan Penyakit Pada Penderita Diabetes Melitus di Kecamatan Pasie Raja, Kabupaten Aceh Selatan” ini mengangkat masalah bagaimanakah pengetahuan, sikap, dan pencegahan penyakit pada penderita diabetes melitus di Kecamatan Pasie Raja, Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan, sikap, dan pencegahan penyakit pada penderita diabetes melitus di Kecamatan Pasie Raja, Kabupaten Aceh Selatan. Populasi penelitian ini adalah masyarakat Kecamatan Pasie Raja yang berjumlah 439 kepala keluarga. Dan jumlah populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 65 orang penderita diabetes melitus. Penentuan sampel dilakukan secara purposive sampling. Metode yang digunakan metode deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan pengolahan data menggunakan rumus Chi-kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tingkat pengetahuan, sikap, dan pencegahan penyakit pada penderita diabetes mellitus pada umumnya tergolong baik, hal ini dapat dibuktikan dari alternative jawaban yang dipilih oleh responden yaitu jawaban yang tepat untuk setiap pertanyaan. Kesimpulanya adalah tingkat pengetahuan, sikap, dan pencegahan penyakit pada penderita diabetes melitus di Kecamatan Pasie Raja, Kabupaten Aceh Selatan berada pada kategori baik.Disarankan penelitian pengetahuan, sikap, dan pencegahan pada masyarakat dapat dilanjutkan oleh peneliti lain sehingga dapat terungkap hal-hal yang belum terungkap dalam penelitian ini, umpamanya penyebab penyakit diabetes melitus.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN DIABETES MELITUS PADA KELUARGA DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2014 (Fasrah Auliana, 2014)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PHET SIMULATION TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI SMA NEGERI 1 PASIE RAJA KABUPATEN ACEH SELATAN (Herdiyanti Rupmana, 2017)

PERANCANGAN ALAS KAKI KESEHATAN UNTUK PENDERITA DIABETES MELITUS MENGGUNAKAN METODE KANSEI ENGINEERING DAN ANTROPOMETRI (STUDI KASUS DI KOTA BANDA ACEH) (Muhammad Irfan, 2018)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENCEMARAN LINGKUNGANRN(STUDI DESKRIPTIF PADA PETAMBANG EMAS TRADISIONALRNDI GAMPONG PAYA ATEUK, KEC. PASIE RAJA, KAB. ACEH SELATAN) (Muzakir, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN PENCEGAHAN DAN LAMA MENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2 DENGAN KEJADIAN ULKUS DIABETIKUM (USNATUN HASANAH, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy