//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA POKOK BAHASAN FUNGSI DI KELAS VIII SMPN 1 BAITUSSALAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang royki rosmandi - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: hasil belajar, pembelajaran kooperatif tipe STAD, pendekatan keterampilan proses, materi fungsi Pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achiverment Devision) merupakan model pembelajaran yang mengutamakan kerja sama antar siswa dalam tim yang beranggotakan 4-5 orang untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pendekatan keterampilan proses adalah suatu pendekatan mengajar yang memberi kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk terlibat aktif dalam proses belajar sehingga kesempatan untuk mengembangkan diri dan percaya diri dapat ditingkatkan. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul “penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan pendekatan keterampilan proses pada pokok bahasan fungsi dikelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan pendekatan keterampilan proses pada pokok bahasan fungsi dikelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam, (2) aktivitas siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan pendekatan keterampilan proses pada pokok bahasan fungsi dikelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam, (3) keterampilan siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan pendekatan keterampilan proses pada pokok bahasan fungsi dikelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 3 kelas. Objek diambil secara random yaitu kelas VIII-a yang berjumlah 20 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar aktivitas siswa dan lembar penilaian keterampilan siswa. Data yang diperoleh diolah dengan rumus persentase. Berdasarkan hasil pengolahan data secara klasikal didapat 80% skor total dari data keseluruhan siswa . Berdasarkan penetapan ketuntasan belajar, siswa dikatakan tuntas secara klasikal bila paling sedikit 85% siswa dikelas tersebut telah tuntas belajar. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan pendekatan keterampilan proses pada pokok bahasan fungsi dikelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam belum mencapai ketuntasan belajar. Sementara aktivitas siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan pendekatan keterampilan proses pada pokok bahasan fungsi dikelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam sudah efektif dan keterampilan siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan pendekatan keterampilan proses pada pokok bahasan fungsi dikelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam sudah sangat baik.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI TEKANANDI SMPN 1 DARUSSALAM ACEH BESAR (Sari Zahriati, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI MATERI POKOK PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DI KELAS XI SMAN 8 BANDA ACEH (sabanar, 2013)

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERIPERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMPN 18 BANDA ACEH (Irna Handri Mastuti, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP NEGERI 14 BANDA ACEH (SYAHRIAL, 2015)

PROFIL AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII-3 PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI MTSN RUKOH BANDA ACEH (IRFANDI RAHMAT, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy