//

KANDUNGAN ANTIOKSIDAN PADA DAUN BAYAM (AMARANTHUS SPP.KANDUNGAN ANTIOKSIDAN PADA DAUN BAYAM (AMARANTHUS SPP.) BEBERAPA VARIETAS DI INDONESIA DAN NEGARA LAIN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ahmad Sofyan - Personal Name
SubjectSPINACH
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknologi Hasi Pertanian
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Bayam merupakan tanaman sayuran yang dikenal dengan nama ilmiah Amaranthus spp. Sayur bayam memiliki serat pangan yang tinggi dan senyawa antioksidan alami, seperti flavonoid dan licopen. Antioksidan merupakan senyawa yang dapat menghambat oksigen reaktif atau nitrogen reaktif (ROS/RNS) dan juga radikal bebas lainnya mampu mencegah penyakit-penyakit yang berhubungan dengan radikal bebas seperti karsinogenesis, kardiovaskuler dan penuaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi antioksidan daun bayam dari beberapa aksesi yang berasal dari Indonesia dan negara lain. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktor Tunggal yang terdiri dari 27 aksesi bayam dengan 3 kali ulangan. Aktivitas antioksidan (IC ) daun bayam berkisar antara 1.3 – 12.77 μg/ml dengan rata-rata 3.54 μg/ml. Sementara kandungan fenol daun bayam berkisar antara 0.07 – 2.07 (GAE)g/kg daun dengan rata-rata sebesar 0.83 (GAE)g/kg. Tidak ditemukan korelasi yang signifikan antara aktivitas antioksidan dan total fenol. Ini menunjukan peranan senyawa non-fenol dalam aktivitas antioksidan pada daun bayam . Kata Kunci: Amaranthus, Bayam, Aktivitas Antioksidan, Total Fenol

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH JENIS PELARUT TERHADAP AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN KANDUNGAN FENOL BEBERAPA JENIS BAYAM DAN SAYURAN LAIN (SAUFA YURA, 2016)

SUBSTITUSI DAUN BAYAM (AMARANTHUS TRICOLOR L) DENGAN DAUN PEGAGAN (CENTELLA ASIATICA) PADA PEMBUATAN KERIPIK (Iin Riana Sitohang, 2016)

AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DARI DAUN ANDALIMAN (ZANTHOXYLLUM ACANTHOPODIUM DC.) DENGAN METODE 1,1-DIFENIL-2-PIKRILHIDRAZIL (DPPH) (NURDIYATI, 2018)

KEPADATAN SEL SKELETONEMA COSTATUM PADA KONSENTRASI EKSTRAK BAYAM DAN KANGKUNG YANG BERBEDA SEBAGAI BIOFERTILIZER (lindayani, 2013)

KAJIAN PEMBUATAN COOKIES DENGAN PENAMBAHAN BUBUR BAYAM MERAH (AMARANTHUS GANGETICUS) SEBAGAI SUMBER ANTIOKSIDAN (Muhammad Luthfi, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy