//

IDENTIFIKASI GASTROPODA BERDASARKAN TIPE OPERCULUM DI PANTAI LAMPUYANG KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sri Rahayu - Personal Name
SubjectGASTROPODA
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Kata kunci :Identifikasi, Gastropoda, Tipe Operculum, Pantai Lampuyang Penelitian tentang “Identifikasi Gastropoda Berdasarkan Tipe Operculum di Pantai Lampuyang Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar” telah dilaksanakan dari bulan Maret sampai September 2013. Pengambilan data pada tanggal 28 Mei sampai dengan 1 Juni 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah spesies Gastropoda berdasarkan tipe operculum serta tingkat kehadiran tipe operculum Gastropoda yang terdapat di Pantai Lampuyang Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik destructive sampling dan penentuan plot pengamatan dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Analisis data digunakan rumus Frekuensi Kehadiran. Hasil yang diperoleh adalah tipe operculum Gastropoda yang terdapat di Pantai Lampuyang Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar yaitu tipe multispiral, paucispiral, unguiculate, dan ovate. Tipe operculum multispiral ditemukan pada 3 spesies, operculum paucispiral ditemukan pada 8 spesies, operculum unguiculate ditemukan pada 6 spesies dan operculum ovate ditemukan pada 5 spesies. Tipe operculum ovate banyak ditemukan di lokasi penelitian sehingga paling tinggi tingkat kehadirannya dibandingkan dengan tipe operculum lain yang ditemukan di Pantai Lampuyang Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DESKRIPSI HABITAT PANULIRUS (LOBSTER) DI KAWASAN PANTAI LAMPUYANG KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR (Rudi Hermi, 2014)

POLA DISTRIBUSI GASTROPODA PADA PASIR PENGHALANG (SEDIMENT BAR) PESISIR GAMPONG LAMPAGEU RNKECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (Irvan Silfandi, 2015)

DOMINANSI GASTROPODA DITINJAU DARI VARIASI CANGKANG DI ZONA LITORAL PERAIRAN LHOK MEE PASIR PUTIH KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (suci rizki ananda, 2015)

GASTROPODA DI ZONA LITORAL PANTAI TERGANGGU UJUNGRNRNSEURANGGA KECAMATAN SUSOH KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Sayed Maulana , 2014)

DESKRIPSI MORFOLOGI DAN POLA DISTRIBUSI SPASIAL DARI FILUM ECHINODERMATA DI PANTAI LAMPUYANG KECAMATAN PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR (Nurul Mawaddah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy