//

SIMULASI KEMACETAN KENDARAAN SAAT EVAKUASI BENCANA GEMPA DAN TSUNAMI DI BANDA ACEH (STUDI KASUS DI JEMBATAN LAMNYONG DENGAN PEMODELAN MATEMATIKA DAN SIMULASI NUMERIK)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fathul Fithrah - Personal Name
SubjectTRAFFIC FLOW (ROADS)
NUMERICAL ANALYSIS-APPLIED MATHEMATICS
SIMULATION-MATHEMATICS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Penelitian ini mengkaji kemacetan lalu lintas saat evakuasi bencana gempa dan tsunami yang terjadi di Kota Banda Aceh. Studi kasus penelitian ini pada Jalan Simpang Mesra hingga Jembatan Lamnyong dengan menerapkan disiplin ilmu matematika menggunakan model arus lalu lintas dan metode numerik beda hingga. Pada penelitian ini dibuat simulasi numerik dengan tujuan untuk mengetahui panjang dari kemacetan kendaraan di lokasi penelitian. Penelitian ini menggunakan model Greenshield untuk membangun model arus lalu lintas dan metode numerik beda hingga yang lebih khususnya upwind scheme untuk membuat simulasi numerik. Untuk menyelesaikan permasalahan ini dibutuhkan kondisi awal dan syarat batas. Titik arus masuk kendaraan pada jalur simulasi menjadi syarat batas penelitian, terdapat lima titik arus masuk yakni Simpang Mesra, Peurada, Lamgugob, Tibang dan Alue Naga. Kondisi awal penelitian ini adalah kepadatan kendaraan sepanjang jalur simulasi pada waktu adalah nol. Dalam mengimplementasikan simulasi numerik digunakan perangkat lunak bahasa pemrograman MATLAB untuk melihat karakteristik pergerakan arus lalu lintasnya. Kata kunci : Greenshield, model arus lalu lintas, upwind scheme, simulasi numerik.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SIMULASI ALIRAN LALU LINTAS SATU ARAH DENGAN DATA KARAKTERISTIK JALAN SEBAGAI MASUKAN (junaidi, 2015)

ANALISA DAN PEMETAAN JALUR EVAKUASI TSUNAMI DI KOTA BANDA ACEH BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (M Ikhwan Maulana, 2015)

PENERAPAN METODE SIMULASI PADA MATERI GEMPA BUMI DAN TSUNAMI UNTUK KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 15 KOTA BANDA ACEH (Misrayana, 2018)

SOLUSI NUMERIK PERSAMAAN TRAFFIC FLOW MENGGUNAKAN METODE LAX WENDROFF DAN METODE GARIS (Nanda Melyana, 2018)

PERENCANAAN JALUR EVAKUASI BENCANA TSUNAMI PADA DESA PUNGE BLANG CUT DAN LAMTEUMEN TIMUR KECAMATAN JAYA BARU KOTA BANDA ACEH (Hilda Arfiya, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy