//

PERBEDAAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATERI TUMBUHAN HIJAU DI KELAS V SD NEGERI 56 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Siti Maghfirah - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
SCIENCE - ELEMENTARY EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Berdasarkan observasi selama PPL, peneliti melihat cara guru mengajar masih monoton, meskipun sesekali juga menggunakan media. Namun hal tersebut belum mempengaruhi hasil belajar siswa. Peneliti tertarik untuk meneliti menggunakan model pembeljaran kooperatif tipe TPS dengan model pembelajaran langsung. Penelitian ini berjudul “perbedaan antara model pembelajaran koooperatif tipe TPS dengan model pembelajaran langsung pada materi tumbuhan hijau di kelas V SD Negeri 56 Banda Aceh”. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Bagaimanakah perbedaan antara hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan model pembelajaran langsung pada materi tumbuhan hijau di kelas V SD Negeri 56 Banda Aceh”. Sedangakan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (think pair share) dengan model pembelajaran langsung pada materi tumbuhan hijau di kelas V SD Negeri 56 Banda Aceh”. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif,sedangkan jenis penelitiannya bersifat experimen semu. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas Va berjumlah 30 siswa dan siswa kelas Vb berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes yang berbentuk pilihan ganda. Setelah data terkumpul diolah dan di analisis dengan menggunakan uji-T Dengan taraf signifikan α = 0,05. setelah data diolah menggunakan uji-T, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas Va adalah ı̅ı = 76,7 dan ı̅ı = 67,74. Terima Ho jika -t1 - 1 ı2 α < t < t1 - 1 ı2 α atau -2,00 < 12,62 < 2,00. dan derajat kebebasan dk = (n1 + n2 - 2) = (30 + 33 - 2) = 61. Maka H0 ditolak H1 diterima, “Terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan model pembelajaran langsung pada materi tumbuhan hijau di kelas V SD Negeri 56 Banda Aceh”.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN TPS PADA SUBTEMA KEANEKARAGAMAN HEWAN DAN TUMBUHAN DI KELAS IV SDN 22 BANDA ACEH (Sarlina, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X MAN MODEL BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Siti Aisah, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH (yuli devi yanti, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABARRN DI KELAS XI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (maisarah, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEHTAHUN PEMBELAJAN 2013/2014 (Ana Yusifa, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy