//

Evaluasi Kondisi Fisik Dominan Altet Dayung Pengprov Aceh Tahun 2011

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Windi Mizuar - Personal Name
SubjectROWING SPORTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas FKIP
Tahun Terbit 2011

Abstrak/Catatan

Pembinaan cabang olahraga dayung sekarang ini telah menjadi salah satu bagian yang penting untuk peningkatan prestasi. Dalam pembinaan cabang olahraga dayung tersebut, diperlukan kemampuan fisik, teknik, taktik, dan mental. Kemampuan fisik atlet sangat mempengaruhi pencapaian prestasi yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi fisik berupa daya tahan, kekuatan, kelentukkan dan power Atlet Dayung Pengprov Aceh tahun 2011. Pertanyaan penelitian ini adalah: Bagaimana kondisi fisik dominan Atlet Dayung Pengprov Aceh tahun 2011? Populasi penelitian ini adalah keseluruhan atlet Dayung Pengprov Aceh yang berjumlah 18 (delapan belas) orang, dari keseluruhan populasi yang ditetapkan untuk menjadi sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan dari populasi tersebut dengan menggunakan teknik total sampling. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kondisi fisik berupa tes daya tahan, tes kekuatan, tes power, dan tes kelentukkan. Pada awalnya pengolahan data dilakukan dengan mengkategorikan hasil tes dengan norma sesuai tabel skor tes kondisi fisik dan dilanjutkan dengan perhitungan rata-rata dan persentase untuk setiap komponen fisik menggunakan statistik sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi fisik atlet Dayung Pengprov Aceh tahun 2011 diperoleh daya tahan VO2Max atlet putra sebesar 32.68 dalam kondisi sedang, daya tahan VO2Max atlet dayung Putri sebesar 27.95 dalam kondisi kurang sekali, daya tahan otot perut atlet putra sebesar 56.21 dalam kondisi sedang dan daya tahan otot perut putri sebesar 24.25 dalam kondisi baik. Daya tahan otot lengan atlet putra sebesar 16.50 dalam kondisi baik sekali dan daya tahan otot lengan atlet putri sebesar 9.25 dalam kondisi kurang sekali. Kekuatan menarik dan mendorong Atlet Putra sebesar 36.68 dan 36.68 dalam kondisi sedang, kekuatan menarik dan mendorong atlet putri sebesar 23.00 dan 26.50 dalam kondisi kurang dan sedang. Kekuatan otot peras tangan kanan dan kiri Atlet putra sebesar 45.84 dan 44.24 dalam kondisi sedang, kekuatan otot peras tangan kanan dan kiri atlet putri sebesar 27.28 dan 26.73 dalam kondisi sedang dan baik. Kekuatan otot punggung atlet putra sebesar 139.76 dalam kondisi baik, kekuatan otot punggung putri sebesar 87.63 dalam kondisi baik sekali. Power atlet putra sebesar 4.57 dalam kondisi sedang, power atlet putri sebesar 3.25 dalam kondisi sedang. Kelentukkan atlet Putra sebesar 20.96 dalam kondisi baik sekali, dan kelentukkan atlet putri sebesar 13.50 dalam kondisi kurang.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINJAUAN SARANA DAN PRASARANA CABANG OLAHRAGA DAYUNG DI KABUPATEN SIMEULUE TAHUN 2015 (Taufik, 2018)

“KONTIBUSI KESEIMBANGAN DAN POWER OTOT LENGAN TERHADAP KECEPATAN MENDAYUNG JARAK 100 M PADA ATLET DAYUNG PENGPROV BANDA ACEH”. (Hasbuna Rawe, 2015)

EVALUASI KEMAMPUAN DAYUNG KAYAK 1 JARAK 200 METER PADA ATLET DAYUNG DI KABUPATEN SIMEULUE TAHUN 2014 (Mohrisa, 2018)

EVALUASI KONDISI FISIK DOMINAN PADA ATLET KARATE-DO DOJO LANAL INKAI KOTA SABANG TAHUN 2015 (Friyo Wibisana, 2016)

KONTRIBUSI POWER LENGAN DAN KELENTUKAN TOGOK TERHADAP KEMAMPUAN DAYUNG KAYAK 1 JARAK 1000 METER PADA ATLET DAYUNG KOTA BANDA ACEH TAHUN 2015 (JIMMY KURNIAWAN, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy