//

PERENCANAAN ANGGARAN BIAYA MATERIAL DAN TENAGA KERJA PERBAIKAN RUMAH DI KECAMATAN BANDAR DAN PINTO RIME GAYO KABUPATEN BENER MERIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Eko Pratama Putra - Personal Name
SubjectLABOR
ESTIMATES - BUILDING CONSTRUCTION
BUDGET
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Bencana gempa yang terjadi di Kabupaten Bener Meriah telah mengakibatkan berbagai kerusakan infrastruktur publik di daerah tersebut termasuk rumah tinggal warga. Menurut laporan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Bener Meriah rumah yang rusak di Kecamatan Bandar sebanyak 74 unit dan di Kecamatan Pinto Rime Gayo sebanyak 95 unit. Pemerintah Kabupaten Bener Meriah merencanakan melakukan rehabilitasi atau perbaikan rumah tinggal warga masyarakat yang mengalami kerusakan akibat bencana gempa tersebut. Pokok permasalahan ini adalah berapa jumlah kebutuhan biaya anggaran material dan upah tenaga kerja untuk memperbaiki 169 unit rumah tinggal masyarakat di dua Kecamatan tersebut. Adapun tujuan perencanaan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui total estimasi anggaran biaya material dan upah tenaga kerja untuk perbaikan 169 unit rumah yang rusak akibat gempa Kecamatan Bandar dan Pinto Rime Gayo Kabupaten Bener Meriah. Ruang lingkup perencanaan ini adaah mengestimasi anggaran biaya material dan upah tenaga kerja untuk 169 unit rumah yang rusak akibat gempa. Perencanaan ini tidak melakukan uji atau analisa struktur dan geoteknik terhadap kondisi kelayakan teknis bangunan rumah akibat gempa. Proses awal penanggulangan adalah dengan menggunakan data sekunder berupa data hasi survey pengukuran, data voume kerusakan, data harga material dan upah tenaga kerja dari pemerintah Provinsi Aceh untuk wilayah Kabupaten Bener Meriah. Pada perencanaan ini pengolahan data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu mengidentifikasi rumah rusak, menentukan voume kerusakan, analisa harga satuan dan mengestimasi anggaran biaya material dan upah tenaga kerja. Sehingga didapat hasil total anggaran biaya material dan upah untuk perbaikan rumah tinggal yang dibutuhkan. Hasil perencanaan ini adalah dapat diketahui anggaran biaya material dan upah tenaga kerja pada Kecamatan Bandar yang dibutuhkan untuk perbaikan rumah tinggal warga sebesar Rp. 1.910.685.157,00 dan Kecamatan Pinto Rime Gayo sebesar Rp. 1.045.196.121,00. Sehingga total yang harus dibutuhkan untuk perbaikan rumah tinggal warga sebesar Rp. 2.955.881.277,00. Kata kunci : gempa bumi, material, upah tenaga kerja, rumah tinggal.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERENCANAAN ANGGARAN BIAYA REHABILITASI RUMAH DI KECAMATAN GAJAH PUTIH DAN BENER KELIPAH KABUPATEN BENER MERIAH (Muhammad Iqbal, 2014)

PERENCANAAN ANGGARAN BIAYA REHABILITASI RUMAH DI KECAMATAN BUKIT DAN TIMANG GAJAH KABUPATEN BENER MERIAH (Eddy Rizki Fahmi, 2014)

ASIMILASI DAN PERGESERAN NILAI-NILAI SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT GAYO DI KECAMATAN PINTU RIME GAYO KABUPATEN BENER MERIAH (RAMADHAN, 2016)

ANALISA KELAYAKAN INDUSTRI PENGOLAHAN KOPI ARABIKA GAYO DENGAN PENDEKATAN EKONOMI TEKNIK DI KABUPATEN BENER MERIAH (Mirza Saputra, 2017)

PERAN PEMANGKU ADAT DALAM MENYELESAIKAN SENGKETA/ PERSELISIHAN DI DESA NEGERI ANTARA KECAMATAN PINTU RIME GAYO KABUPATEN BENER MERIAH (Rika Julia Koto , 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy