//

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECEMASAN LANSIA DI DESA LAMBARO SKEP KECAMATANRN KUTA ALAM BANDA ACEH RNTAHUN 2012

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUTIA KEUMALA S.Kep - Personal Name
SubjectANXIETY
ELDERLY - DISEASES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

KEMENTRIAN PENDIDIKAN NASIONAL UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEDOKTERAN PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN SKRIPSI 22 Maret 2012 xii + vi Bab + 80 Halaman + 14 Tabel + 1 Skema + 9 Lampiran MUTIA KEUMALA NIM : 0907101190019 FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECEMASAN LANSIA DI DESA LAMBARO SKEP KECAMATAN KUTA ALAM BANDA ACEH TAHUN 2012 ABSTRAK Proses menjadi tua dapat dilihat dari adanya kemunduran yang terjadi pada lansia berupa perubahan fisik, perubahan mental, dan perubahan psikososial. Kemunduran-kemunduran yang terjadi tersebut dapat menimbulkan kecemasan pada lansia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap kecemasan Lansia di desa Lambaro Skep Banda Aceh Tahun 2012. Desain penelitian yang digunakan deskriptif korelatif. Penelitian ini dilakukan dari tanggal 09 Maret sampai dengan 14 Maret 2012 di Desa Lambaro Skep Banda Aceh dengan jumlah sampel sebanyak 68 responden. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner dalam bentuk skala likert. Berdasarkan hasil analisa univariat terhadap subvariabel didapatkan hasil: faktor-faktor kecemasan rendah sebanyak 38 responden (55,9%), gambaran pengetahuan lansia baik sebanyak 40 responden (58,8%), finansial lansia dikatagorikan kurang cukup sebanyak 42 responden (61,8%), dukungan keluarga baik sebanyak 39 responden (57,4%), obat yang dikonsumsi lansia dikatagorikan tidak sebanyak 64 responden (94,1%), dukungan sosial baik sebanyak 35 responden (51,5%) dan kecemasan lansia dikatagorikan sedang sebanyak 49 responden (72,1%), sedangkan hasil analisa bivariat didapatkan ada pengaruh faktor-faktor terhadap kecemasan lansia dengan nilai p-value 0,002, ada hubungan faktor pengetahuan terhadap kecemasan lansia dengan nilai p-value 0,010, ada hubungan faktor pendidikan pada kecemasan lansia dengan nilai p-value 0,016, ada hubungan faktor finansial/materi terhadap kecemasan lansia dengan nilai p-value 0,036, ada hubungan faktor dukungan keluarga terhadap kecemasan lansia dengan nilai p-value 0,003, tidak ada hubungan faktor obat terhadap kecemasan lansia dengan nilai p-value 0,310 dan ada hubungan faktor dukungan sosial terhadap kecemasan lansia dengan nilai p-value 0,004. Berdasarkan hasil penelitian maka diharapkan bagi Kepala Desa Lambaro Skep Banda Aceh, agar dapat memberikan masukan bagi warga masyarakat untuk lebih memperhatikan kebutuhan lansia baik secara materi maupun psikologis sehingga akan memberikan ketenangan bagi lansia dalam menjalani kehidupan yang lebih baik. Kata Kunci : Kecemasan dan lansia. Daftar bacaan : 20 buku (1998 -2008), 5 sumber internet

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN RESPON PENYESUAIAN FUNGSI SEKSUALITAS PADA LANSIA PRIA DI GAMPONG LAMBARO SKEP KECAMATAN KUTA ALAM BANDA ACEH TAHUN 2013 (Taufiq, 2014)

HUBUNGAN ANTARA KONSUMSI PROTEIN HEWANI DENGAN STATUS GIZI PADA ANAK BALITA DI GAMPONG LAMBARO SKEP KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (RIZKI AKMALIDA, 2015)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KONSEP DIRI PADA LANJUT USIA DI DESA LAMBARO SUKON KECAMATAN DARUSSALAM ACEH BESAR TAHUN 2013 (rahmita, 2014)

FAKTOR-FAKTOR DEMOGRAFI YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KECEMASAN PADA MASYARAKAT DI PUSKESMAS KUTA ALAM (Lubna Afina, 2015)

HUBUNGAN TINGKAT POLA MAKAN IBU MENYUSUI DENGAN STATUS GIZI BAYI USIA 0-6 BULAN YANG DIBERIKAN ASI EKSKLUSIF DI GAMPONG LAMBARO SKEP KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (Mira Ulfa, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Tahun Terbit

   

Prodi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.