//

MODEL PEMILIHAN MODA ANTARA SEPEDA MOTOR DAN LABI-LABI OLEH MAHASISWA DI GAMPONG SEUTUI KECAMATAN BAITURRAHMAN KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Aiyub - Personal Name
SubjectTRANSPORTATION
ROADS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Perjalanan dengan tujuan pendidikan perlu diperhatikan terutama karena menimbulkan pergerakan seperti ke kampus dan sekolah yang mengakibatkan terjadinya bangkitan dan tarikan kendaraan. Para mahasiswa cenderung menggunakan angkutan pribadi seperti sepeda motor sebagai moda untuk kuliah. Hal ini dikarenakan efisiensi waktu dan aksesibilitas yang mudah dibandingkan menggunakan angkutan umum. Berdasarkan kondisi tersebut, maka perlu dilakukan penelitian mengenai pemilihan moda transportasi mahasiswa untuk mengetahui proporsi mahasiswa dalam pemilihan moda. Lokasi penelitian ini di Gampong Seutui Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh dengan batasan penelitian hanya pada mahasiswa yang menggunakan sepeda motor dan angkutan umum jenis labi-labi. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara ke rumah tangga (home interview survey) pada 100 KK di setiap Rumah Tangga yang terbagi dalam Tiga Dusun di Gampong Seutui. Variabel waktu tempuh, biaya perjalanan dan waktu menunggu menjadi variabel bebas dalam penelitian ini. Pemodelan menggunakan metode binomial logit nisbah dengan persamaan regresi linear, kemudian dilakukan uji sensitivitas dengan mengubah masing-masing variabel dengan menaikkan atau menurunkan variabel tersebut. Hasil dari kuesioner didapat data karakterisktik berupa 65% mahasiswa memilih sepeda motor dan 35% memilih angkutan labi - labi. Keseluruhan mahasiswa yang diteliti terdapat 75% sudah memiliki SIM C dan 25% yang tidak memiliki SIM C. Sebesar 14% mahasiswa yang berpenghasilan keluarga Rp. 1.000.000 – Rp. 2.500.000 memilih sepeda motor dan 26% memilih angkutan labi - labi. Mayoritas kepemilikan kendaraan pribadi yaitu sebesar 56% memiliki 2 unit sepeda motor. Hasil analisis regresi linear didapat persamaan sebagai berikut Y= -0,786X – 0,097 dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,320 (32%). Hasil model binomial logit nisbah didapat Psm= 1/[1+0,097(Csm/Cau)-0,786]. Apabila biaya sepeda motor dan angkutan labi - labi sama maka mahasiswa yang memilih sepeda motor 78% dan yang memilih angkutan umum 22%. Hasil uji sensitivitas dapat diketahui bahwa penurunan 40% nilai variabel waktu tempuh dan waktu menunggu pada kasus 3 memberikan pengaruh besar terhadap jumlah pengguna angkutan umum dan sepeda motor. Kata kunci: pemilihan moda, logit-binomial-nisbah, uji sensitivitas.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PEMILIHAN MODA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA MENGGUNAKAN METODE LOGIT BINOMIAL (Teuku Mustaqim Wahas, 2014)

MODEL PEMILIHAN MODA OLEH PELAJAR SMA DI KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (RAHMAT MUHAJIR, 2016)

PEMODELAN PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI KENDARAAN PRIBADI DAN ANGKUTAN UMUM UNTUK TUJUAN BEKERJA DI GAMPONG DOY KECAMATAN ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH. (Agusrijal, 2014)

PEMOELAN PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI BAGI PEKERJA DI KECAMATAN JAYA BARU KOTA BANDA ACEH (Willi Astoni, 2015)

PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI PEKERJA DI KECAMATAN DEWANTARA KABUPATEN ACEH UTARA (MUHAMMAD ZULFACHRI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy