//

PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABARN(STUDI PADA PERUSAHAAN YANG TERGABUNG DALAM INDEKS KOMPAS PERIODE 2010-2012)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang TOTOK RUDIANTO - Personal Name
SubjectAUDITING
Bahasa Indonesia
Fakultas MAGISTER SAINS AKUNTANSI
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Pada Perusahaan yang Tergabung Dalam Indeks Kompas Periode 2010-2012) OLEH Oleh : TOTOK RUDIANTO NIM : 0909200070049 Pembimbing : 1. Dr. Nadirsyah, SE, M.Si, Ak 2. Dr. Muhammad Arfan, SE, M.Si, Ak ABSTRACT Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh komposisi dewan komisaris independen terhadap manajemen laba (2) pengaruh komite audit independen terhadap manajemen laba (3) pengaruh kepemilikan institusional terhadap manajemen laba (4) pengaruh kepemilikan manajerial terhadap manajemen laba (5) pengaruh kualitas audit terhadap manajemen laba. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Indeks Kompas selama 3 periode (2010, 2011, 2012), total populasi sebanyak 300 perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode sensus, analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) komposisi dewan komisaris independen, komite audit independen, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dan kualitas audit secara bersama-sama berpengaruh terhadap manajemen laba, pada perusahaan yang tergabung dalam Indeks Kompas di Bursa Efek Indonesia, pengaruh yang dihasilkan sangat kecil.(2) Sedangkan secara parsial hanya kualitas audit yang berpengaruh terhadap manajemen laba, sedangkan variabel komposisi dewan komisaris independen, komite audit independen, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Pada penelitian selanjutnya peneliti merekomendasikan untuk memasukan variabel lain seperti kompetensi dewan direksi, kompetensi dewan komisaris, memasukan jender untuk dewan komisaris. Kata Kunci: Manajemen Laba, Komposisi Dewan Komisaris Independen, Komite Audit Independen, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Kualitas Audit.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH CORPORATE SOSIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (Eka Junaida, 2014)

PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN DI BURSA EFEK INDONESIA (Melda Hastuti, 2016)

PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERBANKAN SYARIAH DENGAN CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (MAKHDUM RATNA, 2016)

PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN IMPLIKASINYA PADA NILAI PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (Anhar Firdaus, 2018)

PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN MANAJEMEN LABA TERHADAP FEE AUDIT (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA) (Jeffri Lianda, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy