//

ANALISIS BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN DAN WAKTU PERJALANAN(STUDI KASUS : PENUTUPAN MEDIAN BUNDARAN LAMNYONG DAN PEMILIHAN RUTE MELALUI JALAN INOENG BALE DARUSSALAM)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M. Yasir Arafat - Personal Name
SubjectTRANSPORTATION ENGINEERING
COST ANALYSIS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Pertambahan jumlah volume lalu lintas yang signifikan mengakibatkan kemacetan pada ruas-ruas jalan dan persimpangan di Kota Banda Aceh. Salah satu persimpangan yang mengalami kemacetan adalah Simpang Bundaran Lamnyong. Dilihat dari banyaknya konflik atau kemacetan yang terjadi di Jembatan Lamnyong terutama di Simpang Bundaran Lamnyong, maka Pemerintah Kota Banda Aceh mengambil kebijakan penerapan median pada sebagian sisi Bundaran Lamnyong sampai Jembatan Lamnyong untuk menutup arah belok kanan menuju kawasan Pasar Rukoh dari arah Darussalam. Diterapkannya median pada sisi Bundaran Lamnyong sampai Jembatan Lamnyong ini menyebabkan sebagian masyarakat di seputaran Darussalam yang ingin menuju kawasan seputar Pasar Rukoh melakukan pemilihan rute alternatif lain yaitu melalui Jl. Inoeng Bale. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui penghematan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) dan Waktu Perjalanan dengan pemilihan rute Jl. Inoeng Bale menuju kawasan Pasar Rukoh. BOK dihitung dengan menggunakan metode Pacific Consultant International (PCI). Perhitungan BOK dengan metode PCI ini meliputi dua biaya yaitu biaya tetap (standing cost atau fixed cost) dan biaya tidak tetap (variabel cost atau running cost). Penelitian dilakukan sebelum dipasang lampu pengatur lalu lintas di Bundaran Lamnyong dan setelah ditutupnya median arah belok kanan dari Darussalam menuju kawasan Pasar Rukoh. Dari hasil analisis data volume lalu lintas jalan dari Simpang Kopelma Darussalam menuju kawasan Pasar Rukoh dengan rute Jl. Inoeng Bale adalah 2.384 kend/hari. Waktu tempuh bergerak 2,10 menit dengan kecepatan tempuh 43,80 km/jam. Berdasarkan hasil survey pencatatan volume lalu lintas yang telah dilakukan, didapat total BOK untuk arah dari Simpang Kopelma Darussalam menuju kawasan seputar Pasar Rukoh dengan rute Jl. Inoeng Bale pada jam puncak sebesar Rp. 2.065.752.557/tahun. BOK ini lebih kecil dibandingkan rute Jl. T. Nyak Arief yang bermanuver di seputar Pustaka Wilayah untuk menuju kawasan Pasar Rukoh yaitu sebesar Rp. 4.531.618.328/tahun. Disarankan kepada para pengguna jalan untuk memilih rute Jl. Inoeng Bale menuju kawasan Pasar Rukoh karena lebih ekonomis dari Jl. T. Nyak Arief yaitu dapat menghemat BOK sebesar Rp. 2.465.865.771/tahun. Kata kunci; Volume Lalu lintas, Median Jalan, Biaya Operasional Kendaraan, Waktu Perjalanan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK) DAN WAKTU PERJALANAN AKIBAT PENERAPAN MEDIAN DI SIMPANG BUNDARAN LAMNYONG - JEMBATAN LAMNYONG (Zulhelmi, 2014)

ANALISIS BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK) DAN NILAI WAKTU PERJALANAN DI RUAS JALAN SIMPANG LAMREUNG – DARUSSALAM (FARHAN ANWAR FUADI, 2014)

STUDI KELAYAKAN EKONOMI TERHADAP PEMBANGUNAN UNDERPASS SP. LAMNYONG - LAMREUNG KOTA BANDA ACEH (SYAMSUL RIZAL, 2019)

MODEL PEMILIHAN RUTE DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBEBANAN BERTAHAP PADA JALAN COT IRIE - LAMNYONG - DARUSSALAM (Yudhi Riszki, 2014)

ANALISIS BESAR KEUNTUNGAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BKBOK) DAN NILAI WAKTU PERJALANAN (STUDI KASUS JALAN T. NYAK ARIEF DAN LAKSAMANA MALAHAYATI KOTA BANDA ACEH) (Cut Yuni Putri Natuah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy