//

ANALISIS KINERJA JALAN AKIBAT PENGARUH HAMBATAN SAMPING DI JALAN DIPONEGORO KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Caesar Dinata R - Personal Name
SubjectTRANSPORTATION ENGINEERING
ROADS - ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ruas Jalan Diponegoro Kota Banda Aceh merupakan salah satu ruas jalan yang cukup padat. Hal ini dikarenakan ruas jalan tersebut berada di kawasan perkotaan yang mengakibatkan banyaknya aktivitas di badan jalan seperti pejalan kaki, kendaraan berhenti, dan parkir, kendaraan lambat dan kendaraan keluar masuk dari sisi jalan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh hambatan samping terhadap karakteristik arus lalu lintas yang ditinjau dari nilai kecepatan, volume dan kepadatan. Selain hal tersebut penelitian ini juga untuk mengetahui kondisi kapasitas dan derajat kejenuhan di ruas jalan Diponegoro. Lokasi penelitian ini sepanjang jalan Diponegoro. Untuk menganalisa hambatan samping, karakteristik lalu lintas dan kapasitas dalam penelitian ini menggunakan metode MKJI 1997. Hasil pengolahan data diperoleh untuk volume tertinggi saat jam puncak ketika hambatan samping banyak terjadi pada hari Minggu pukul 12.00-13.00 WIB sebesar 503,4 smp/jam, kecepatan tempuh sebesar 11,88 km/jam, kapasitas sebesar 1410,8 smp/jam dan derajat kejenuhan 0,746. Dengan merencanakan skenario I penghilangan faktor hambatan samping berupa pejalan kaki/penyeberang dapat menurunkan hambatan samping sebesar 355,4 smp/jam serta meningkatkan kapasitas menjadi 1455,3 smp/jam, meningkatkan kecepatan arus bebas menjadi 50,6 km/jam. Dari hasil penelitian menunjukkan kinerja ruas jalan Diponegoro mempunyai masalah yang dapat menimbulkan kemacetan, dimana nilai derajat kejenuhan 0,746 dimana niai tersebut mendekati nilai batas yang digunakan oleh MKJI yaitu 0,75 namun memiliki nilai kecepatan tempuh yang rendah, hal ini disebabkan oleh parkir pada badan jalan dan dekatnya lokasi penelitian dengan persimpangan sehingga menyebabkan penurunan kecepatan kendaraan pada saat akan memasuki simpang, solusi mengatur sistem perpakiran dengan dibuatkan gedung parkir dan mengedukasikan agar tidak menggunakan badan jalan dan tidak menganggu pergerakan arus lalu-lintas. Kata kunci: hambatan samping, parkir pada badan jalan, kapasitas jalan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI KINERJA JALAN PADA PUSAT PERBELANJAAN RNPASAR ACEH KOTA BANDA ACEH (Henny Irawaty, 2014)

PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN TEUKU ABU LAM U (DEPAN PERKANTORAN BALAI KOTA BANDA ACEH) (Arifka Maulana, 2017)

PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA JALAN T. HASAN DEK KOTA BANDA ACEH (Furqan Al Akbar, 2016)

PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN MATA IE DI PASAR KEUTAPANG DUA ACEH BESAR (Muhammad Ikhsan, 2018)

ANALISIS KINERJA JALAN TEUKU ISKANDAR BANDA ACEH AKIBAT HAMBATAN SAMPING (NANDA MUNTASHIR MUZWAR, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy