//

ANALISIS BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK) DAN WAKTU PERJALANAN AKIBAT PENERAPAN MEDIAN DI SIMPANG BUNDARAN LAMNYONG - JEMBATAN LAMNYONG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zulhelmi - Personal Name
SubjectROADS
TRAFFIC SIGNS - ENGINEERING

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Banda Aceh merupakan salah satu kota yang mengalami pertumbuhan kepemilikan kendaraan yang begitu signifikan. Berdasarkan data dari Kantor Kepolisian Republik Indonesia Daerah Aceh Direktorat Lalu Lintas, pada tahun 2005 jumlah kendaraan dari bulan Januari sampai dengan Desember hanya 21.896 unit. Namun pada akhir tahun 2010, menjadi 45.277 unit. Sebagian besar kendaraan tersebut adalah sepeda motor yaitu mencapai 44.300 unit (Direktorat Lalu Lintas, 2011). Pertambahan jumlah kendaraan yang begitu signifikan juga mengakibatkan kemacetan di beberapa titik persimpangan. Salah satu persimpangan yang mengalami kemacetan adalah Simpang Bundaran Lamnyong. Karena sering terjadi konflik di Jembatan Lamnyong terutama di Simpang Bundaran Lamnyong, maka Pemerintah Provinsi Aceh mengambil kebijakan penerapan median pada sebagian sisi Bundaran Lamnyong sampai Jembatan Lamnyong yang diharapkan dapat mengurangi konflik yang terjadi di Simpang Bundaran Lamnyong. Oleh sebab itu, peneliti ingin mengetahui berapa Biaya Operasional Kendaraan (BOK), waktu tempuh dan nilai waktu perjalanan dari Darussalam menuju Jl. T. Nyak Arief dan memutar pada manuver di depan kawasan Pustaka Wilayah sampai Jl. Rukoh Utama. Adapun metode yang digunakan untuk menghitung Biaya Operasional Kendaraan (BOK) adalah metode Pacific Consultant International (PCI), nilai waktu yang dihitung dalam penelitian ini mencakup nilai waktu orang dan kendaraan. Hasil analisis data, volume lalu lintas Jalan Darussalam menuju Simpang Rukoh adalah 6.367 kend/hari untuk 2 arah. waktu tempuh bergerak pada arah Darussalam menuju kota 3,31 menit dan arah kota menuju Simpang Rukoh adalah 2,70 menit. Pada perolehan kecepatan tempuh diperoleh untuk arah Darussalam menuju kota adalah 26,80 km/jam dan arah kota menuju Simpang Rukoh adalah 34,05 km/jam. Berdasarkan hasil survey pencatatan volume lalu lintas yang telah dilakukan, didapat Biaya Operasional Kendaraan (BOK) dari arah Darussalam menuju kota 3.002.488.442 (Rp/tahun) dan dari arah kota menuju Simpang Rukoh 1.529.129.328 (Rp/tahun) dengan total BOK untuk arah Darussalam menuju Simpang Rukoh pada jam puncak sebesar 4.531.618.328 (Rp/Tahun). Kata kunci : Median Jalan, Biaya Operasional Kendaraan, Nilai Waktu

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK) DAN WAKTU PERJALANAN AKIBAT PENERAPAN MEDIAN DI SIMPANG BUNDARAN LAMNYONG - JEMBATAN LAMNYONG (Zulhelmi, 2014)

ANALISIS BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN DAN WAKTU PERJALANAN(STUDI KASUS : PENUTUPAN MEDIAN BUNDARAN LAMNYONG DAN PEMILIHAN RUTE MELALUI JALAN INOENG BALE DARUSSALAM) (M. Yasir Arafat, 2014)

ANALISIS PERBANDINGAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK) PRA DAN PASCA PELEBARAN JEMBATAN LAMNYONG (GHAZZI OUVA SASNI, 2019)

PENERAPAN VALUE ENGINEERINGRNRNPADA PEKERJAAN BANGU NAN BAWAHRNRNPENGGANDAAN JEMBATAN LAMNYONG BANDA ACEH (JOHNNERI FERDIAN, 2015)

ANALISIS KINERJA SIMPANG TAK-BERSINYAL DAN BUNDARAN MENGGUNAKAN ARUS IDEAL (MUHAMMAD AZKIA AGUSSA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy