//

PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI GAYA MAGNET DI KELAS V SDN 33 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fatimah Wati - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODS
SCIENCE - ELEMENTARY EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Pendekatan, Contextual Teaching and Learning, Gaya Magnet, Ketuntasan Belajar Penelitian ini berjudul Penerapan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Pada Materi Gaya Magnet Di Kelas V SDN 33 Banda Aceh. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah penerapan pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning dapat mencapai ketuntasan belajar siswa pada materi gaya magnet di kelas V SDN 33 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa melalui penerapan pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning pada materi gaya magnet di kelas V SDN 33 Banda Aceh, serta untuk mengetahui keaktivan siswa dan hasil wawancara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 33 Banda Aceh yang berjumlah 29 orang siswa yang terdiri dari 17 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi kegiatan siswa, tes serta wawancara. Sedangkan pengolahan data menggunakan rumus persentase terhadap aktivitas kegiatan siswa dan tes ketuntasan hasil belajar siswa. Hasil penelitian yang didapat pada observasi kegiatan aktivitas siswa dari pertemuan pertama, kedua dan ketiga adalah baik yaitu rata-rata 73,79%. Sedangkan ketuntasan belajar siswa melalui penerapan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning di kelas V SDN 33 Banda Aceh secara klasikal tergolong tuntas dengan persentase 89,65%. Jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 26 dari 29 siswa dan rata-rata skor hasil belajarnya 77,75. Maka dapat disimpulkan dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning hasil belajar siswa dinyatakan tuntas di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditelah ditetapkan sekolah

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

THE OVERVIEW OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING AND LEARNING ENGLISH FOR RNELEMENTARY SCHOOL LEVEL RN(A LIBRARY RESEARCH) (Fajrinur, 2014)

THE IMPLEMENTATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING LISTENING SKILL TO SENIOR HIGH SCHOOOL STUDENTS (lia maisyarah, 2013)

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA KELAS X DALAM MATERI SENI RUPA TERAPAN DAERAH NUSANTARA (Renggalita Rezeki, 2014)

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA OPERASI PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Ida Nursanty, 2015)

METHODS APPLIED BY THE TEACHERS IN TEACHING SPEAKING FOR GRADE XII OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A QUALITATIVE STUDY AT SMAN 2 BANDA ACEH) (FRILLA GEUBRINA DJUFRI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy