//

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERIAL EKSTRAK METANOL DARI TUMBUHAN KAMBOJA MERAH (PLUMERIA ROCEA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nizar Mauliza - Personal Name
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kamboja merah (Plumeria rocea) dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional seperti disentri yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan metabolit sekunder P. rocea, serta mengetahui aktivitasnya dalam menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus. Bagian bunga, daun dan kulit batang P. rocea diekstraksi dengan pelarut metanol. Profil fitokimia ekstrak bunga, daun dan kulit batang menunjukkan adanya kandungan senyawa golongan alkaloid, steroid, terpenoid, saponin steroid dan saponin terpenoid. Hasil uji antibakterial masing-masing ekstrak dengan metode difusi agar menggunakan cakram menunjukkan bahwa ekstrak kulit batang lebih aktif dibandingkan ekstrak bunga atau daun, dengan zona hambat terbesar diperlihatkan pada konsentrasi 10% yaitu 8,7 mm (E. coli) dan 15 mm (S. aureus), sedangkan pada konsentrasi yang sama ekstrak daun dan bunga menghasilkan zona hambat yang lebih kecil yaitu 6,7 mm (E. coli) dan 10,2 mm (S. aureus) untuk ekstrak daun, 6 mm (E. coli) dan 11,3 mm (S. aureus) untuk ekstrak bunga. Kata Kunci : Kamboja merah (Plumeria rocea), metabolit sekunder, antibakterial, Staphylococcus aureus, Escherichia coli.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

AKTIVITAS ANTIMIKROBIAL SENYAWA METABOLIT SEKUNDER EKSTRAK N-HEKSANA BUNGA KAMBOJA PUTIH (PLUMERIA ALBA) (Issura, 2014)

ISOLASI FRAKSI AKTIF SITOTOKSIK EKSTRAK KULIT BATANG KAMBOJA PUTIH (PLUMERIA ALBA) (Novia Rizqa Putri, 2018)

ISOLASI SENYAWA BIOAKTIF DARI JAMUR ENDOFIT PADA DAUN KAMBOJA MERAH (PLUMERIA RUBRA) UNTUK BAHAN ANTIBIOTIKA (Muhammad Akbar, 2018)

AKTIVITAS ANTIBAKTERIAL EKSTRAK DAUN KARI (MURRAYA KOENIGII L. SPRENG) TERHADAP ESCHERICHIA COLI DAN STAPHYLOCOCCUS AUREUS (Tara Rizki Al-Qarana, 2017)

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK METANOL DAUN SIRIH MERAH (PIPER CROCATUM) TERHADAP PERTUMBUHAN METHICILLIN- RESISTANT STAPHYLOCOCCUS AUREUS (Desi Maharani Alga, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy