//

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU SMK NEGERI 2 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Safrida - Personal Name
SubjectTEACHERS
LEADERSHIP
PRINCIPALS (SCHOOL)-ROLE AND FUNCTION
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Pasca Sarjana Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SMK NEGERI 2 BANDA ACEH Oleh : Safrida NIM : 1109200050063 Komisi Pembimbing: 1. Prof. Dr. Yusrizal, M. Pd. 2. Dr. Djailani AR, M. Pd. ABSTRAK Kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu faktor penentu peningkatan kinerja guru dan keberhasilan pendidikan di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja, kemampuan dan disiplin guru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru menggunakan perpaduan gaya kepemimpinan delegatif dan gaya kepemimpinan partisipatif. Pembinaan motivasi kerja dengan menetapkan pembagian tugas yang jelas, memberikan arahan terhadap peraturan baru dan tugas-tugas yang harus dilaksanakan, membuat program pelatihan dengan cara mendatangkan para ahli ke sekolah atau mengirimkan guru-guru untuk mengikuti pelatihan di luar sekolah dan memberikan penghargaan kepada guru berprestasi, (2) Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan guru menggunakan perpaduan gaya kepemimpinan delegatif dan gaya kepemimpinan partisipatif, seperti memberikan kesempatan bagi guru untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, mengikutsertakan guru ke berbagai pelatihan dan kegiatan MGMP, (3) Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin guru menggunakan perpaduan gaya kepemimpinan otoriter dan gaya kepemimpinan delegatif. Seperti melakukan pengawasan terhadap disiplin guru-guru dengan pembentukan piket. Pembinaan terhadap kedisiplinan guru dalam menyelesaikan tugas, penunjukan beberapa guru yang berkompeten untuk membantu memberikan arahan agar tugas dapat diselesaikan tetap waktu. Kata Kunci: Kepemimpinan dan Kinerja Guru

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI BANDA ACEH (Kasidah, 2016)

KEPALA SEKOLAH SEBAGAI EDUKATOR DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PEUKAN BADA ACEH BESAR (NURHAYATI LINDA SARI, 2016)

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA SMP UNGGUL YPPU SIGLI KABUPATEN PIDIE (Yusnidar, 2013)

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SMP NEGERI 1 MUTIARA (rusli, 2015)

GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM RNMENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD NEGERI 7 RNMUARA DUA LHOKSUEMAWE (ZURYATI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy