//

PARTISIPASI MASYARAKAT DALAMRNPEMBANGUNAN GAMPONGRN(STUDI KASUS DI LAMPASEH ACEH KEC. MEURAXA PERIODE 2009-2014 DI KOTA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang husna - Personal Name
SubjectCOMMUNITIES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul penelitian ini adalah Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan gampong (Studi Kasus di Desa Lampaseh Aceh Kecamatan Meraxa Kota Banda Aceh). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mekanisme perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan prosedur evaluasi yang dilakukan masyarakat dalam pembangunan gampong Lampaseh Aceh Kota Banda Aceh. Manfaaat penelitian ini bagi masyarakat gampong Lampaseh Aceh Kota Banda Aceh guna mengetahui tentang partisipasi yang harus dilakukan untuk terwujudnya pembangunan gampong. Kepala gampong dan stakeholder lainnya dapat mengarahkan dan membudayakan partisipasi masyarakat dalam setiap pembangunan gampong di Lampaseh Aceh Kota Banda Aceh. Pemerintah Kota Banda Aceh (Walikota dan Camat Kecamatan Meuraxa) untuk dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang partisipasinya dalam kegiatan pembangunan gampong Lampaseh Aceh. Penulis dapat menambah wawasan i1mu pengetahun dan pengembangan ilmu dalam mengkaji tentang partisipasi masyarakat dalam pembangunan gampong, khususnya di gampong Lampaseh Aceh Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Peneliti dilakukan dengan teknik penelitian sosial yang disebut penelitian lapangan (field research). Data penelitian yang dikumpulkan dengan teknik ini terdiri dari data yang nominal, berurutan (ordinal, interval, dan rasio). Sebagian informasi (data) yang dikumpulkan dalam bentuk teks sesuai dengan topik penelitian. Data primer yang ada dalam penelitian ini diperoleh dari suatu survei yang dilakukan di daerah penelitian tentang partisipasi masyarakat dalam pembangunan gampong Lampaseh Aceh Kecamatan Meuraxa Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah kepala desa, tokoh-tokoh masyarakat dan masyarakat lainnya yang berdomisili di gampong Lampaseh Aceh. Mengingat subjek penelitian yang homogen, maka sampel hanya diambil 184 orang untuk dijadikan responden. Hal ini sesuai fokus penelitian yaitu partisipasi masyarakat dalam pembangunan gampong Lampaseh Aceh. Proses penelitian menggunakan teknik simple random sampling atau random sampling sederhana.. Pemilihan sampel diambil secara acak menurut keadaan yang terjadi di lapangan. Analisa data kualitatif diperoleh dari proses pengamatan, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari kuestioner yang kemudian dianalisa sesuai dengan bentuk diperoleh dari angket yang dikumpulkan. Hasil pengolahan data menunjukkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa pada pereode 2009 – 2014 terjadi pada proses pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi demi terwujudnya pembangunan desa yang mandiri dan madani. Kata Kunci: Pembangunan dan Partisipasi Masyarakat

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KETERLIBATAN MASYARAKAT TERHADAP PELESTARIAN SABUK HIJAU (GREEN BELT)DI WILAYAH PESISIR KOTA BANDA ACEH (STUDI KASUS DI KECAMATAN MEURAXA DAN KUTA RAJA) (Firdaus, 2016)

KETERLIBATAN MASYARAKAT TERHADAPPELESTARIAN SABUK HIJAU (GREEN BELT) DI WILAYAH PESISIRKOTA BANDA ACEH (STUDI KASUS DI KECAMATAN MEURAXA DAN KUTA RAJA) (Firdaus, 2017)

KINERJA PANITIA PENGAWAS PEMILU PADA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014 ( STUDI KASUS : PELANGGARAN ADMINISTRASI DAN MONEY POLITICS DI GAMPONG ALUE DEAH TEUNGOH, KECAMATAN MEURAXA DAN GAMPONG LAMPASEH KOTA, KECAMATAN KUTA RAJA, KOTA BANDA ACEH). (Yuni Rahayu, 2015)

PERAN KOMISI INDEPENDEN PEMILIHAN KOTA BANDA ACEH DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT TERHADAP PILPRES TAHUN 2014 DI KOTA BANDA ACEH (ISMA CHAIRUNNISA, 2016)

PERENCANAAN JALUR EVAKUASI BENCANA TSUNAMI (STUDI KASUS : DESA LAMPASEH ACEH, DESA PUNGE UJONG DAN DESA PUNGE JURONG, KECAMATAN MEURAXA, KOTA BANDA ACEH) (Riky Rivinaldi, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy