//

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KONSUMSI TABLET BESI PADA IBU HAMIL RNDI PUSKESMAS KUTA ALAM BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Chairunnisa - Personal Name
SubjectPREGNANCY - HUMAN PHYSIOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Anemia defisiensi besi merupakan penyebab utama anemia pada kehamilan sehingga tablet besi direkomendasikan untuk seluruh wanita hamil di berbagai negara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan konsumsi tablet besi pada ibu hamil di Puskesmas Kuta Alam Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan rancangan Cross sectional survey. Populasi adalah ibu hamil yang berkunjung ke ruang Kesehatan Ibu dan Anak Puskesmas Kuta Alam Banda Aceh dan sampel dipilih secara Accidental Sampling pada ibu hamil trimester III dari tanggal 1 November sampai dengan 20 Desember 2011 dengan jumlah 32 responden. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat dengan uji Chi-Square dan bila tidak terpenuhi persyaratannya maka digunakan Fisher’s Exact Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 53,1% responden mengkonsumsi tablet besi sesuai anjuran. Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan (p=0,003 RP=2,6(95% CI=1,3-5,4), sikap (p=0,026 RP=2,0 (95% CI=1,0-4,03), antenatal care (p=0,000 RP=4,1(95% CI=1,4-11,6) dengan konsumsi tablet besi dan tidak ada hubungan antara pendidikan (p=0,122), umur (p=0,383) dengan konsumsi tablet besi. Faktor yang mempunyai hubungan terhadap konsumsi tablet besi adalah pengetahuan, sikap dan antenatal care, sedangkan faktor yang tidak mempunyai hubungan terhadap konsumsi tablet besi adalah pendidikan dan umur. Kata kunci : Konsumsi Tablet Besi, Ibu Hamil, Anemia Defisiensi Besi

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN KEPATUHAN IBU HAMIL DALAM MENGKONSUMSI TABLET ZAT BESI (PUTRI NADIA ALFATHAN, 2018)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN KEPATUHAN KONSUMSI TABLET FE PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BAITURRAHMAN BANDA ACEH (NASRAH PITRI, 2016)

HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENCEGAHAN ANEMIA PADA IBU HAMIL DENGAN PENDEKATAN TEORI LEININGER DI PUSKESMAS KUTA BARO ACEH BESAR (Sri Hariyani, 2019)

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG ANEMIA DALAM KEHAMILAN TERHADAP PERILAKU KONSUMSI SUPLEMEN ZAT RNBESI DI PUSKESMAS LAMPASEH RNBANDA ACEH (lisa maya sari, 2015)

HUBUNGAN FAKTOR SOSIAL EKONOMI DAN POLA MAKAN DENGAN PREVALENSI ANEMIA DEFISIENSI ZAT BESI PADA IBU HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Khiyurul Laila, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy