//

FAKTOR-FAKTOR PERSONAL HYGIENE YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT MASYARAKAT DESA JUMPHOIH ADAN KECAMATAN MUTIARA KABUPATEN PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang maulida ariska - Personal Name
SubjectDENTAL HYGIENE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Gigi
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Maulida Ariska Program Studi : Kedokteran Gigi Judul : Faktor-Faktor Personal Hygiene yang Berhubungan Dengan Kebersihan Gigi dan Mulut Masyarakat Desa Jumphoih Adan Kecamatan Mutiara Kabupaten Pidie Kebersihan merupakan bagian terpenting dalam kehidupan manusia. Selain kebersihan tubuh secara umum, kebersihan gigi dan mulut sangat penting diperhatikan karena dapat mempengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Personal hygiene dipengaruhi oleh faktor-faktor antara lain: citra tubuh, pengetahuan, sosial ekonomi, dan kebiasaan, dapat memelihara kebersihan dan kesehatan seseorang untuk kesejahteraan fisik dan psikis.Sikap seseorang melakukan personal hygiene. Kebersihan gigi dan mulut seseorang dapat diukur menggunakan Oral Hygiene Index Simplified (OHI-S). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor personal hygiene yang berhubungan dengan kebersihan gigi dan mulut masyarakat desa Jumphoih Adan Kecamatan Mutiara Kabupaten Pidie. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif analitik dengan desain cross sectional dengan jumlah subjek sebanyak 71 orang. Uji analisis yang digunakan adalah chi square. Hasil analisa data p-value kebersihan gigi dan mulut dengan citra tubuh p=0,002, pengetahuan p=0,003, kebiasaan p=0,005, sosial ekonomi p=0,086. Hasil ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara faktor personal hygiene: citra tubuh, pengetahuan dan kebiasaan dengan kebersihan gigi dan mulut. namun sosial ekonomi tidak berhubungan dengan kebersihan gigi dan mulut masyarakat desa Jumphoih Adan Kecamatan Mutiara Kabupaten Pidie. Kata Kunci : Kebersihan gigi dan mulut, Faktor-Faktor Personal Hygiene, Oral Hygiene Index Simplified (OHI-S).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN KELUARGA TENTANG PERSONAL HYGIENE GIGI DAN MULUT DENGAN KEJADIAN KARIES GIGI ANAK USIA SEKOLAH DI DESA PEUNITI KEC. BAITURRAHMAN BANDA ACEH TAHUN 2013 (YENNI MAULIDA, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU DENGAN PEMENUHAN PELAKSANAAN PERSONAL HYGIENE ANAK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Rozana Pusra, 2018)

HUBUNGAN PERILAKU MASYARAKAT DENGAN TINGKAT KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS BLANG BINTANG ACEH BESAR (wildan yusuf, 2015)

PERBANDINGAN TINDAKAN MENJAGA KEBERSIHAN RONGGA MULUT DAN STATUS ORAL HYGIENE PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI DAERAH PERKOTAAN DAN PEDESAAN (STUDI DILAKUKAN PADA MIN MESJID RAYA & MIN DURUNG) (Muhammad Zakky , 2016)

KORELASI PENGETAHUAN MENGENAI KEBERSIHAN RONGGA MULUT DENGAN TINGKAT ORAL HYGIENE NARAPIDANA DI RUMAH TAHANAN NEGARA KLAS IIB BANDA ACEH (Nur Atika Dalimunthe , 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy