//

PERBANDINGAN PEMENUHAN FUNGSI KELUARGA PADA IBU BEKERJA DAN IBU TIDAK BEKERJA DI GAMPONG TUMBO BARO KECAMATAN KUTA MALAKA KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang muhammad afdhal - Personal Name
SubjectCHILD DEVELOPMENT - PHYSIOLOGY
NUCLEAR FAMILY
PRESCHOOL CHILRDEN
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Keluarga adalah kumpulan dua orang atau lebih yang hidup bersama dengan keterikatan aturan dan emosional di mana individu mempunyai peran masing-masing yang merupakan peran dari keluarga. Terdapat 5 fungsi keluarga, yaitu afektif, sosialisasi, keperawatan kesehatan, reproduksi, ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan pemenuhan fungsi keluarga pada ibu bekerja dan ibu tidak bekerja di Gampoeng Tumbo Baro Kecamatan Kuta Malaka Aceh Besar 2014. Desain penelitian ini adalah deskriptif komparatif. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Populasi pada penelitian ini yaitu ibu-ibu yang sudah menikah di Gampoeng Tumbo Baro, dengan jumlah sampel sebanyak 66 orang, yang terdiri dari 33 ibu bekerja dan 33 ibu tidak bekerja. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 21 Mei sampai dengan 31 Mei 2014. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang meliputi data demografi dan pernyataan terkait dengan 5 fungsi keluarga. Data dianalisa dengan menggunakan rumus independent t-test dengan confidence interval 95% dan alpha (α) 0,05. Hasil analisa menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan pemenuhan fungsi afektif keluarga pada ibu bekerja dan ibu tidak bekerja (nilai p = 0,035, p value < α. (2) ada perbedaan pemenuhan fungsi sosialisasi keluarga pada ibu bekerja dan ibu tidak bekerja (nilai p = 0,010, p value < α. (3) ada perbedaan pemenuhan fungsi perawatan kesehatan pada ibu bekerja dan ibu tidak bekerja (nilai p = 0,002, p value < α. (4) ada perbedaan pemenuhan fungsi reproduksi pada ibu bekerja dan ibu tidak bekerja (nilai p = 0,014, p value < α (5). ada perbedaan pemenuhan fungsi ekonomi pada ibu bekerja dan ibu tidak bekerja (nilai p = 0,030, p value < α. Secara keseluruhan, terdapat perbedaan pemenuhan fungsi keluarga pada ibu bekerja dan ibu tidak bekerja ( nilai p = 0,006, p value < α ). Diharapkan kepada ibu terutama ibu bekerja untuk lebih berperan aktif dalam melaksanakan fungsi keluarga untuk mencapai derajat kesehatan keluarga yang optimal. Kata kunci : Ibu, Bekerja, Tidak Bekerja, fungsi keluarga Daftar pustaka : 18 Buku dan 5 Bahan Internet (1998-2012)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STIGMA MASYARAKAT TERHADAP ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA DI KECAMATAN KUTA MALAKA KABUPATEN ACEH BESAR (Desi Putriyani, 2016)

HUBUNGAN STATUS GIZI ANAK, TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN STATUS EKONOMI KELUARGA TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA 24-48 BULAN DI PAUD KECAMATAN LEUNG BATA, BANDA ACEH TAHUN 2012 HUBUNGAN STATUS GIZI ANAK, TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DAN STATUS EKONOMI KELUARGA TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA 24-48 BULAN DI PAUD KECAMATAN LEUNG BATA, BANDA ACEH TAHUN 2012 (Zulham Effendy, 2016)

HUBUNGAN PENDAPATAN DENGAN KONSUMSI MASYARAKAT GAMPONG BAK BULOH KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR (Fitriani, 2015)

PEREMPUAN PETANI DAN PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA (SUATU PENELITIAN DI GAMPONG KULAM BARO, KECAMATAN SIMPANG TIGA, KABUPATEN PIDIE) (Nurul Mushalli, 2015)

DAMPAK KEBERADAAN OBJEK WISATA WAHANA IMPIAN MALAKA 69 BAGI PEREKONOMIAN MASYARAKAT KECAMATAN KUTA MALAKA KABUPATEN ACEH BESAR (ARINAL MIRDHA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy