Search :

Advance


PENGARUH JARAK TANAM DAN JUMLAH UMBI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (ALLIUM ASCALONICUM L.)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syarifah Nazhira - Personal Name
Subyek ONIONS-GARDEN CROP
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Pengaruh jarak tanam dan jumlah umbi terhadap pertumbuhan dan hasil bawang merah (Allium ascalonicum L.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jarak tanam yang terbaik dengan jumlah umbi per lubang tanam yang tepat serta interaksi kedua faktor tersebut terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah, sehingga diperoleh hasil tanaman bawang merah yang maksimal. Penelitian ini dilakukan di desa Gelanggang Gajah, Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Aceh Barat Daya, Provinsi Aceh, pada Juni hingga September 2013. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok pola faktorial 3 x 3 dengan 3 ulangan. Faktor pertama yang diteliti adalah jarak tanam terdiri dari 3 taraf, yaitu 20 cm x 20 cm, 20 cm x 15 cm, dan 20 cm x 10 cm. Faktor kedua adalah jumlah umbi terdiri dari 3 taraf yaitu 1, 2 dan 3 umbi per lubang tanam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada parameter jumlah anakan umur 45 HST, bobot berangkasan basah per plot netto, bobot berangkasan kering per plot netto, dan bobot umbi per plot netto terbaik dijumpai pada jarak tanam 20 cm x 10 cm. Perlakuan 3 jumlah umbi per lubang tanam memberikan hasil terbaik pada parameter jumlah anakan dan jumlah daun tanaman umur 15 , 30, dan 45 HST, jumlah umbi per rumpun, dan bobot berangkasan basah per plot netto. Terdapat interaksi yang sangat nyata antara jarak tanam dengan jumlah umbi per lubang tanam pada parameter jumlah anakan umur 45 HST, berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman umur 45 HST dan jumlah anakan umur 30 HST. Pertumbuhan tanaman bawang merah terbaik pada tinggi tanaman 45 HST dijumpai pada kombinasi perlakuan jarak tanam 20 cm x 20 cm dengan 1 umbi per lubang tanam, sedangkan kombinasi perlakuan terbaik pada jumlah anakan 30 dan 45 HST dijumpai pada kombinasi perlakuan jarak tanam 20 cm x 10 cm dengan 3 jumlah umbi per lubang tanam. Kata kunci: Allium ascalonicum L., jarak tanam, jumlah umbi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH JARAK TANAM DAN DOSIS PUPUK KANDANG TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BAWANG MERAH (ALLIUM ASCALONICUM L.) (Risqan Fitrah Manik, 2016)

RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BAWANG (ALLIUM ASCALONICUM L.)SEBAGAI EFEK PEMBERIAN PUPUK KOMPOS KIRINYUH (CHROMOLENA ODORAT) DAN PUPUK NPK (syarfianda, 2015)

PENGARUH JARAK TANAM DAN KONSENTRASI PUPUK CAIR GROW QUICK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (ALLIUM ASCALONICUM L.) ASAL BIJI (Fonna Sri Hartati, 2017)

PENGARUH VARIETAS DAN JENIS PUPUK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN BAWANG MERAH (ALLIUM ASCALONICUM L.) (Bayhaqqi, 2013)

PENGARUH DOSIS KOMPOS TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT DAN PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (ALLIUM ASCALONICUM L.) (Irwandi, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.