//

TINJAUAN PARAMETER MARSHALL TERHADAP BETON ASPAL DENGAN VARIASI SUHU PEMADATAN 140OC 150 OC DAN 160 OC MENGGUNAKAN ASPAL RETONA BLEND 55

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang muksalmina - Personal Name
SubjectASPHALT CONCRETE-ROAD ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Suhu pemadatan aspal merupakan faktor yang sangat penting dalam campuran beton aspal karena akan berpengaruh pada proses penyelimutan aspal sehingga seluruh butir agregat dapat di selimuti oleh selaput aspal secara merata. Dengan demikian suhu pemadatan selanjutnya akan mempengaruhi karakteristik campuran aspal beton tersebut. Permasalahan bagaimana pengaruh suhu pemadatan terhadap parameter Marshall untuk lapisan Aspalt Concrete Binder Course (AC-BC) menggunakan aspal Retona Bland 55, dan beberapa yang tepat untuk pencampuran dan pemadatan yang menghasilkan parameter Marshall yang berkualitas baik untuk lapisan AC-BC menggunakan aspal Retona Bland 55. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai parameter Marshall yang dihasilkan oleh beton aspal pada lapis pengikat (AC-BC) dengan variasi suhu pemadatan beton aspal. Untuk itu diperlukan uji laboratorium untuk mengetahui variasi suhu pemadatan terhadap karakteristik campuran beton aspal.Gradasi yang dipakai adalah gradasi menerus untuk lapis AC-BC.Bahan pengikat yang digunakan aspal Retona Bland 55.Jenis aspal yang diteliti adalah lapis aspal beton (Laston) dengan fungsi sebagai Asphalt Concrete Binder Course (AC-BC). Metode yang dilakukan terhadap pemeriksaan sifat-sifat fisis bahan, kemudian dilanjutkan dengan perencanaan campuran benda uji, pembuatan benda uji untuk menentukan kadar optimum (KAO) dengan variasi kadar aspal 4.0%, 4.5%, 5.0%, 5.5% dan 6.0%, perhitungan dan pengujian Marshall, evaluasi parameter Marshall (untuk mendapatkan KAO), perencanaan dan pembuatan benda uji, pengujian Marshall standar, dan terakhir perhitungan parameter Marshall. Dari penelitian didapat KAO 5,0%. Berdasarkan KAO tersebut maka dibuat benda uji dengan variasi suhu pemadatan 1400C, 1500C, 1600C. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai stabilitas suhu pemadatan secara berurutan adalah 1531,46 kg, 1582,20 kg, dan 1619,10 kg. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa semua variasi suhu pemadatan sudah memenuhi persyaratan untuk campuran beton aspal AC-BC.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINJAUAN PARAMETER MARSHALL TERHADAP BETON ASPAL BERDASARKAN HASIL KAO MENGGUNAKAN ASPAL RETONA BLEND 55 (Muhammad Fadhil, 2014)

TINJAUAN PARAMETER MARSHALL TERHADAP BETON ASPAL DENGAN VARIASI SUHU PENCAMPURAN 150OC, 160 OC DAN 170 OC MENGGUNAKAN ASPAL RETONA BLEND 55 (Farattannur, 2014)

KINERJA ASPAL BETON DENGAN SUHU PENCAMPURAN DAN PEMADATAN BERDASARKAN SPESIFIKASI BINA MARGA DAN PENGUJIAN VISKOSITAS (Siti Mira Maulida, 2016)

PEMANFAATAN BATU KARANG GUNUNG PULAU WEH UNTUK CAMPURAN BETON ASPAL AC-WC DENGAN VARIASI ASPAL RETONA BLEND 55 DAN ASPAL PEN 60/70 (HERMANSYAH, 2018)

KAJIAN KETAHANAN LAPISAN ASPAL BETON (AC-WC) MENGGUNAKAN AGREGAT DARI SIMEULUE DENGAN VARIASI BAHAN PENGIKAT ASPAL RETONA BLEND 55 DAN ASPAL PENETRASI 60/70 (Firdaus, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy