//

HUBUNGAN LAJU ALIRAN SALIVA DAN PH SALIVA SETELAH BERKUMUR MONOSODIUM GLUTAMAT PADA MAHASISWA KEDOKTERAN GIGI FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Firman Tirma - Personal Name
SubjectPH
SALIVA - HUMAN PHYSIOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Gigi
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Laju aliran saliva dipengaruhi oleh banyak faktor yang saling berkontribusi. Belum banyak diketahui, kontribusi laju aliran saliva dan pH yang diakibatkan oleh adanya stimulasi kimiawi dari Monosodium Glutamat (MSG) yang banyak digunakan dalam bumbu makanan. Tujuan penelitian adalah menganalisis hubungan laju aliran saliva dan pH saliva sebelum dan setelah berkumur dengan MSG. Penelitian dilakukan di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala dengan 30 subjek pada 26-27 Maret 2014. Saliva dikoleksi dengan metode spitting. Data dianalisis dengan uji Pearson dan Regresi menggunakan Microsoft Excel+ Analyse-it versi 3.76.1. Uji Pearson menunjukkan laju aliran saliva sebelum dan pH saliva sebelum R=-0,221 (p>0,01). Laju aliran saliva sebelum dan laju aliran saliva setelah R=0,604 (p0,01). laju aliran saliva sebelum dan pH saliva setelah R=-0,158 (p>0,01). Pada pH saliva sebelum dan laju aliran saliva setelah R=-0,038 (p>0,01). Pada laju aliran saliva setelah dengan pH saliva setelah R=0,01 (p>0,01). Hasil regresi menunjukkan regresi yang signifikan (p

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERUBAHAN LAJU ALIRAN SALIVA SEBELUM DAN SESUDAH BERKUMUR REBUSAN JAHE MERAH (ZINGIBER OFFICINALE VAR. RUBRUM) PADA MAHASISWA FKG UNSYIAH ANGKATAN 2016 (Niken Yulia, 2017)

HUBUNGAN LAJU ALIRAN SALIVA DENGAN INDEKS KARIES GIGI PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA ANGKATAN 2011-2013 (EKASUSANTI, 2014)

PERBEDAAN LAJU ALIRAN SALIVA SEBELUM DAN SESUDAH BERKUMUR DENGAN OBAT KUMUR BERALKOHOL PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA ANGKATAN 2011-2013 (shiami ramadhana, 2014)

PERBANDINGAN LAJU ALIRAN DAN PH SALIVA SEBELUM DAN SESUDAH KONSUMSI AIR ZAMZAM DAN AIR MINERAL (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA ANGKATAN 2015) (Syarafina Rahmi Yanaz, 2019)

EFEK BERKUMUR SARI BUAH JAMBLANG (SYZYGIUM CUMINI) TERHADAP LAJU ALIRAN DAN PH SALIVA PADA MAHASISWA ANGKATAN 2015 FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Yasir Simatupang, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy