//

EVALUASI KELAYAKAN PABRIK KELAPA SAWIT (PKS) PT. FAJAR BAIZURY & BROTHERS DI KECAMATAN TADU RAYA KABUPATEN NAGAN RAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SUDIRMAN - Personal Name
SubjectAGRICULTURAL ECONOMIC - FINANCIAL ASPECT
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Penelitian ini dilakukan pada PKS PT. Fajar Baizury & Brothers di Kecamatan Tadu Raya Kabupaten Nagan Raya. Penentuan lokasi tersebut dengan pertimbangan bahwa perusahaan perkebunan kelapa sawit tersebut memiliki PKS yang potensial untuk pengolahan TBS. Objek penelitian terfokus pada PKS PT. Fajar Baizury & Brothers di Kecamatan Tadu Raya Kabupaten Nagan Raya. Ruang lingkup penelitian terbatas pada aspek finansial yang mencakup biaya investasi dan biaya operasi, serta manfaat (benefit) dari usaha PKS tersebut. Jenis data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer dikumpulkan dari staf dan karyawan PKS melalui wawancara langsung. Sedangkan data skunder, dikumpulkan dari literatur, laporan-laporan, dan instansi-instansi terkait yang ada hubungannya dengan penelitian ini Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan , maka dapat disimpulkan: PKS PT. Fajar Baizury & Brothers dengan kapasitas 30 ton TBS/ jam di Kecamatan Tadu Raya Kabupaten Nagan Raya layak untuk diusahakan bila ditinjau dari aspek finansial. Secara finansial berdasarkan asumsi asumsi yang digunakan, hasil analisis menunjukkan NPV bernilai positif pada discount rate 18 persen sebesar Rp. 148.389.149.000 selama 15 tahun, nilai IRR 35,85 persen, nilai B/C Ratio 2,03 dan nilai Payback Period pabrik kelapa sawit adalah 4,369 Artinya proyek pembangunan pabrik kelapa sawit ini akan mencapai titik pengembalian pada saat proyek berumur 4 tahun 4 bulan 13 hari. Hasil analisis sensitivitas pabrik kelapa sawit (PKS) kapasitas 30 ton TBS/jam, pada indikator kenaikan biaya produksi sebesar 10 persen dan penurunan kapasitas produksi 10 persen pabrik dinyatakan layak. Kata Kunci : PKS, Evaluasi Kelayakan, CPO dan Kernel.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SISTEM PENGUPAHAN ANTARA KARYAWAN HARIAN TETAP DAN BURUH HARIAN LEPAS (SUATU KASUS PADA PERUSAHAAN PT. FAJAR BAIZURY & BROTHER DI TADU B KECAMATAN TADU RAYA KABUPATEN NAGAN RAYA) (Jelva Afdanur, 2014)

BENTUK DAN NILAI KERJASAMA PT. FAJAR BAIZURY & BROTHERS DENGAN MASYARAKAT SEKITAR DI DESA BABAHROT KECAMATAN TADU RAYA KABUPATEN NAGAN RAYA (SAFRIJAL, 2016)

SENGKETA PENGUASAAN LAHAN ANTARA PT. FAJAR BAIZURI & BROTHERS DENGAN MASYARAKAT DI KABUPATEN NAGAN RAYA (STUDI KASUS DI DESA COT MEE KECAMATAN TADU RAYA DAN DESA COT RAMBONG KECAMATAN KUALA PESISIR) (Irawati Adi Saputri, 2017)

KARAKTERISTIK DAN KENDALA PETANI DALAM USAHATANI KELAPA SAWIT RAKYAT DI KECAMATAN TADU RAYA KABUPATEN NAGAN RAYA (NUR KHOTIMAH, 2015)

STUDI KOMPARATIF EFESIENSI PEMASARAN GABAH MELALUI KOPERASI DAN NON KOPERASI KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (KASTRI HANDAYANI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Tahun Terbit

   

Prodi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.