//

PROFIL RETINOPATI DIABETIK PADA PASIEN DIABETES MELITUS DI POLIKLINIK ENDOKRIN RSUD ZAINAL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Uzi Mardha Phoenna - Personal Name
SubjectDIABETES MELLITUS-MEDICINE
RETINOPATHY PROFILE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

Komplikasi diabetes mellitus pada mata merupakan penyebab kebutaan yang serius. Dibandingkan dengan orang yang tidak menderita diabetes maka penderita diabetes mellitus mempunyai risiko 25 kali untuk menjadi buta. Retinopati diabetik merupakan komplikasi diabetes melitus pada mata yang tertinggi prevalensinya. Risiko mengalami retinopati pada pasien diabetes meningkat sejalan dengan lamanya diabetes. Hal ini juga dipengaruhi oleh kontrol gula darah pasien yang tidak baik. Selain itu, profil usia, jenis kelamin, dan tipe diabetes mellitus yang diderita pasien juga memiliki kaitan dengan jumlah kasus kejadian retinopati diabetik. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran profil penderita retinopati diabetik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif murni dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian diambil dengan menggunakan metode accidental sampling dengan jumlah responden 100 penderita diabetes melitus yang berobat ke poliklinik endokrin dan kemudian dirujuk ke poliklinik mata RSUD Zainal Abidin Banda Aceh. Data dianalisa secara univariat. Hasilnya didapatkan sebanyak 100 pasien diabetes melitus, didapatkan menderita retinopati diabetik sebanyak 35 orang dan tidak menderita retinopati diabetik sebanyak 65 orang. Diperoleh jumlah kasus Proliferative Diabetic Retinopathy lebih tinggi daripada Non-Proliferative Diabetic Retinopathy. Selain itu, didapatkan jumlah kasus tertinggi pasien retinopati diabetik pada kelompok pasien dengan jenis kelamin perempuan, kelompok pasien usia dewasa (40-59 tahun), kelompok pasien dengan DM tipe 2, kelompok pasien dengan lama menderita diabetes selama 15-19 tahun, dan kelompok pasien dengan kadar gula darah sewaktu 180 mg/dL ke atas. Diperoleh gambaran profil penderita retinopati diabetik pada diabetes melitus berdasarkan jenis kelamin, usia pasien, tipe diabetes melitus, lama menderita diabetes, dan kadar gula darah sewaktu.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN SEROSTOMIA PADA PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2 DI POLIKLINIK ENDOKRIN RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (anggia geubrina, 2015)

PERBANDINGAN PH SALIVA PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 TERKONTROL DAN TIDAK TERKONTROL (STUDI PADA RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH) (NELFIA YUNANDA, 2017)

HUBUNGAN ANTARA LAMA MENDERITA DIABETES DENGAN DERAJAT RETINOPATI DIABETIKRNPADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 (Dede Harnita, 2015)

HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG LATIHAN FISIK DENGAN MOTIVASI MELAKUKAN LATIHAN FISIK PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN BLUD RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (zuhri ramadhan, 2015)

GAMBARAN MOTIVASI PASIEN DIABETES MELLITUS TERHADAP UPAYA PENCEGAHAN GANGREN RNDENGAN PERAWATAN KAKI DI POLIKLINIK ENDOKRIN RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (DARA ANJALITA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy