//

ANALISIS INDIKASI MORAL HAZARD DALAM PENYALURAN DANA PIHAK KETIGA (STUDI KOMPERATIF ANTARA PERBANKAN SYAIAH DAN KOVENSIONAL DI INDONESIA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M. Akhyar Hafiz - Personal Name
SubjectBANKING SERVICES
GRANTS-FINANCIAL MANAGEMENT
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Ekonomi
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis indikasi moral hazard dalam penyaluran dana pihak ketiga pada perbankan konvensional dan perbankan syariah. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perbankan konvensional dan perbankan syariah yang terdaftar di Bank Indonesia tahun 2010-2012. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan masing-masing perbankan. Metode analisis dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Dalam penelitian ini, perbankan konvensional secara simultan GDP, rasio kredit, dan suku bunga berpengaruh terhadap NPL. Secara parsial menunjukkan bahwa GDP tidak berpengaruh terhadap NPL, rasio kredit berpengaruh terhadap NPL, dan suku bunga berpengaruh terhadap NPL. Pada perbankan syariah secara simultan GDP, rasio piutang murabahah, dan rasio return profit loss sharing berpengaruh terhadap NPF. Secara parsial menunjukkan bahwa GDP berpengaruh terhadap NPF, rasio piutang murabahah berpengaruh terhadap NPL, dan rasio return profit loss sharing berpengaruh terhadap NPL. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikasi moral hazard lebih banyak terjadi pada perbankan syariah dibandingkan dengan perbankan konvensional. Kata Kunci: Moral Hazard, NPL/NPF, Piutang Murabahah, Rasio Return Profit Loss Sharing.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH UKURAN BANK, DANA PIHAK KETIGA, CAPITAL ADEQUACY RATIO DAN LOAN TO DEPOSIT RATIO TERHADAP PENYALURAN KREDIT PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2011-2015 (Fildzah, 2016)

PENGARUH DANA PIHAK KETIGA, BIAYA OPERASIONAL PER PENDAPATAN OPERASIONAL (BOPO), DAN SUKU BUNGA KREDIT TERHADAP PENYALURAN KREDIT PADA PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (CHAIRUN NISA, 2014)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROFIT DISTRIBUTION MANAGEMENT PADA BANK UMUM SYARIAH TAHUN 2012-2015 (T. Rifadil, 2017)

PERENCANAAN SUMBER DANA PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA PERSERO, TBK CABANG BANDA ACEH (RENI AGUSTINA PUTRI, 2015)

ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA DAN MALAYSIA DITINJAU DARI MAQASHID SHARIAH INDEX (Riky Ramadhani, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy