//

PENGARUH MINUMAN BERSODA GULA ALAMI DIBANDINGKAN DENGAN MINUMAN BERSODA GULA SINTETIS TERHADAP PH SALIVA SECARA IN VITRO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Retno Wikan Tyasning - Personal Name
SubjectPH
SALIVA - HUMAN PHYSIOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Gigi
Tahun Terbit 2010

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Retno Wikan Tyasning Program Studi : Kedokteran Gigi Judul : Pengaruh minuman bersoda gula alami dibandingkan dengan minuman bersoda gula sintetis terhadap pH saliva secara in vitro Hubungan gula dalam makanan atau minuman bersoda lebih besar pengaruhnya terhadap proses karies karena biasanya makanan atau minuman ringan ini sering dikonsumsi diantara dua waktu makan, sehingga memiliki kecendrungan pH saliva yang rendah. Minuman bersoda menurut jenis kandungan gulanya ada dua yaitu minuman bersoda gula alami (regular soft drink) dan minuman bersoda gula sintetis (zero sugar soft drink). Penelitian ini dilakukan secara in vitro untuk melihat pengaruh minuman bersoda gula alami dibandingkan dengan minuman bersoda gula sintetis terhadap pH saliva. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental laboratoris yang dilakukan pada minuman bersoda gula alami dan minuman bersoda gula sintetis serta aquadest sebagai kontrol. Masing-masing sampel tersebut dipaparkan saliva buatan selama 100 detik dan kemudian diukur pH dengan menggunakan pH meter. Hasil rata-rata pengukuran pH adalah 3.32 untuk minuman bersoda gula alami, 4.10 untuk minuman bersoda gula sintestis dan nilai pengukuran pH kontrol 7.11. Data diperoleh kemudian dianalisis dengan uji independent t-test yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dengan menggunakan Kolmogirov-Smirnov. Hasil analisis menunjukkan ada perbedaan signifikan p

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MINUMAN BERSODA NON GULA TERHADAP KEKERASAN EMAIL GIGI PERMANEN (Dina Annisa, 2015)

TINGKAT PENGETAHUAN DAN TINGKAH LAKU SISWA TENTANG BAHAYA KELEBIHAN MENGKONSUMSI MINUMAN BERSODA DI SEKOLAH MAN INDRAPURI DAN SMAN 1 INDRAPURI ACEH BESAR (Intan Nanda Kusuma, 2015)

HUBUNGAN KADAR GULA DARAH SEWAKTU DAN HBA1C DENGAN DERAJAT PH SALIVA PADA PASIEN DIABETES MELITUS DI RSUDZA BANDA ACEH (M. HIKMAWAN PRIYANTO, 2017)

PENGARUH JENIS JERUK DAN KONSENTRASI JERUK NIPIS (CITRUS AURANTIFOLIA) DAN LEMON (CITRUS LIMON) SERTA PENAMBAHAN GULA TERHADAP MUTU MINUMAN SARI KULIT BUAH KOPI ARABIKA (COFFEA ARABIKA L.) (Ramadhana Fajri Foenna, 2018)

HUBUNGAN PENGUNYAHAN PERMEN KARET XYLITOL TERHADAP KECEPATAN ALIR SALIVA PADA MAHASISWA KEDOKTERAN GIGITAHUN AKADEMIK 2010 (Iman Rakhmadika, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy