Search :

Advance


ANALISIS KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL TIPE T (RUAS JALAN NYAK ADAM KAMIL DAN HASAN SALEH NEUSU, BANDA ACEH)

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang muhammad ikhsan - Personal Name
Subyek TRANSPORTATION ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Teknik
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Persimpangan tak bersinyal adalah salah satu titik kemacetan terutama pada jam sibuk pagi, siang, dan sore. Salah satu terjadi pada simpang Nyak Adam Kamil dan Hasan Saleh Neusu, Banda Aceh. Karena banyaknya pengguna jalan yang melewati simpang tersebut, seperti dimulainya aktifitas seperti perkantoran, sekolah, tempat olah raga, dan pusat perdagangan. Hal ini mempengaruhi kinerja pada simpang tersebut untuk melayani arus lalu lintas. Kemacetan arus lalu lintas pada simpang ini, selain didominasi oleh banyaknya kendaraan bermotor juga dipengaruhi oleh terbatasnya jarak pandang pengguna jalan akibat adanya pepohonan disekitar jalan, sehingga menyebabkan konflik pada persimpangan tersebut . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja simpang Jalan Nyak Adam Kamil dan Jalan Hasan Saleh dalam melayani lalu lintas pada jalan tersebut dengan mengetahui volume arus lalu lintas, lamanya waktu tundaan, derajat kejenuhan, dan kapasitas simpang tersebut. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisa kinerja simpang tak bersinyal tipe T dengan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Pengambilan data pengamatan dilakukan pada jam puncak pagi hari, siang hari dan sore hari selama 3 (tiga) hari yaitu Senin, Kamis, dan Sabtu. Pengamatan dilakukan dengan menggunakan kamera perekam digital. Dari hasil analisa diperoleh bahwa volume lalu lintas tertinggi terjadi pada hari Senin tanggal 24 Januari 2014 pada jam sibuk pagi pukul 08.00-09.00 WIB sebesar 2831 smp/jam, dengan kapasitas (C) sebesar 3122 smp/jam, derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,848 melebihi persyaratan MKJI yaitu DS < 0,75, dengan waktu tundaan sebesar 14,291 det/smp, sehingga simpang tersebut dikategorikan buruk. Dengan demikian perlu perbaikan manajemen simpang, baik dari segi kondisi geometrik maupun pemasangan rambu-rambu (traffic light). Kata kunci: simpang tipe T tak bersinyal, kinerja simpang, MKJI.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERENCANAAN SIMPANG BERLENGAN EMPAT DENGAN BUNDARAN PADA SIMPANG NEUSU KOTA BANDA ACEH (Iswanda, 2014)

STUDI DAMPAK LALU LINTAS KAWASAN AKIBAT PEMBANGUNAN JALAN LAYANG (FLYOVER) SIMPANG SURABAYA DAN JALAN LINTAS BAWAH (UNDERPASS) KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (DEDEK ARIANSYAH, 2017)

EVALUASI KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL PADA JALAN TEUKU NYAK ARIEF – TGK. SYECH ABDUR RAUF DARUSSALAM BANDA ACEH (Masrullah Wahab, 2015)

PERENCANAAN RUANG HENTI KHUSUS (RHK) PADA PERSIMPANGAN BERSINYAL SIMPANG JAMBO TAPE KOTA BANDA ACEH (Teuku Maulana Ansari, 2014)

EVALUASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL PADA SIMPANG REMI KOTA LANGSA DENGAN METODE MKJI DAN SIMULASI (IQBAL, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.