//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GAYA MAGNET DI KELAS V SD NEGERI 69 DARUSSALAM BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang enni astriyani - Personal Name
SubjectMETHODS OF STUDY
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Kata kunsi : Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, hasil belajar Hasil belajar siswa tergantung dari bagaimana cara guru mengajar. Sehingga guru perlu menyesuaikan model pembelajaran dengan materi yang akan diajarkan dalam proses belajar mengajarnya untuk menarik minat siswa dalam proses belajar mengajar. Adapun salah satu model pembelajaran yang dapat dilaksanakan dalam proses belajar mengajar adalah dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gaya Magnet Kelas V SD Negeri 69 Darussalam Banda Aceh, ini mengangkat masalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap ketuntasan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa pada materi gaya magnet dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 69 Banda Aceh yang berjumlah 24 siswa. Dan jumlah seluruh populasi tersebut dijadikan sebagai sampel. Pendekatan yang digunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah eksperimen semu. Pengumpulah data dilakukan dengan teknik tes dan pengolahan data menggunakan teknik statistik uji-t pada taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh harga thitung = 4,63 dan ttabel = 1,71 pada taraf signifikan 0,05, jadi thitung lebih besar dari pada ttabel. Dengan kata lain 4,63 > 1,71 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi gaya magnet mencapai ketuntasan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 69 Darussalam Banda Aceh. Disarankan kepada guru agar dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam kegiatan belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran IPA dan umumnya pada sub materi bahasan IPA yang lain agar hasil belajar siswa lebih baik seperti yang diharapkan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GAYA MAGNET DIKELAS V SD NEGERI 6 BANDA ACEH (Daniwati, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI GAYA UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 46 BANDA ACEH (Yeni Mayasari, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 2 SEULIMEUM KABUPATEN ACEH BESAR (NURLAILA, 2014)

KETUNTASAN BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI GAYA MAGNET DI KELAS V SDN 69 BANDA ACEH (HIDA HAYATURAHMI, 2014)

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS IV SD NEGERI LAMPEUNEURUT ACEH BESAR (wirda hasanah, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy