//

HUBUNGAN ANTARA KESEPIAN DENGAN KECENDERUNGAN KECANDUAN INTERNET PADA MAHASISWA UNSYIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmalia Putri - Personal Name
SubjectPSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kecenderungan kecanduan internet adalah perilaku yang muncul akibat berinteraksi dengan dunia maya yang tidak terkontrol. Dampak negatif dari kecanduan internet yaitu mengalami penurunan prestasi belajar dan membatasi aktivitas sosial. Kesepian dianggap menjadi salah satu faktor yang memengaruhi kecanduan internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kesepian dengan kecenderungan kecanduan internet pada mahasiswa S1 Unsyiah. Hipotesis penelitian yaitu terdapat hubungan antara kesepian dengan kecenderungan kecanduan internet pada mahasiswa Unsyiah. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif S1 Unsyiah, berusia 20-25 tahun (masa dewasa awal) dengan menggunakan teknik random stratified sampling proportional. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 377 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala kesepian yang diadaptasi dari skala kesepian University California of Los Angeles Loneliness Scale-Ver 3 Russell (1996) dan skala kecanduan internet yang diadaptasi dari skala kecanduan internet Internet Addiction Scale Young (1998). Hasil analisis data dengan teknik korelasi Pearson Product Moment mendapatkan koefisien korelasi (r) sebesar 0,20 dengan nilai p = 0,00 (p < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kesepian dengan kecenderungan kecanduan internet pada mahasiswa S1 Unsyiah. Kata kunci: kesepian, kecanduan internet, mahasiswa Unsyiah

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN KECANDUAN INTERNET PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Maghfirah Nur Erfa, 2016)

HUBUNGAN ANTARA SELF-COMPASSION DENGAN KESEPIAN PADA MAHASISWA PERANTAU TAHUN PERTAMA DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Rahma Elidasari, 2019)

DISORGANISASI SOSIAL PADA MAHASISWA (ANALISIS PERILAKU INTERNET ADDICTION MAHASISWA INFORMATIKA UNSYIAH) (ELSA DIANITA, 2016)

HUBUNGAN PERILAKU AGRESI DAN KECANDUAN GAME ONLINE PADA MAHASISWA (Nurul Badariah, 2019)

HUBUNGAN INTERNET ADDICTION DENGAN POLA TIDUR PADA MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Rina Maulida, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy