//

HUBUNGAN USIA, PENDIDIKAN, PENGETAHUAN DAN PENDAPATAN DENGAN ANTENATAL CARE DI PUSKESMAS KUTA ALAM BANDA ACEH TAHUN 2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang zaini ahmad - Personal Name
SubjectANTENATAL CARE - OBSTETRICS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Antenatal care merupakan hal penting untuk menurunkan angka kematian ibu, cakupan kunjungan K4 di Indonesia pada tahun 2012 sebesar 87,37% yang berarti belum mencapai target rencana strategi (RENSTRA) 2012 yaitu 90%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cakupan antenatal care dan hubungan umur, pendidikan, pengetahuan dan pendapatan dengan antenatal care di Puskesmas Kuta Alam Kota Banda Aceh pada tahun 2014. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan rancangan cross-sectional survey. Pengambilan sampling secara non-probability dengan teknik accidental sampling, sampel pada penelitian ini berjumlah 30 orang ibu. Analisis data yang digunakan uji Chi-square dan Fisher’s Exact Test pada CI 95% dan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antenatal care sesuai anjuran dokter sebanyak 76,7%. Nilai p value hubungan antenatal care dengan usia (0,004), pendidikan (0,014), pengetahuan (0,02) dan pendapatan (0,03). Kesimpulan pada penelitian ini adalah ada hubungan antara umur, pendidikan, pengetahuan, pendidikan dan pendapatan dengan antenatal care di Puskesmas Kuta Alam Banda Aceh. Kata kunci: Antenatal Care, Usia, Pendidikan, Pengetahuan dan Pendapatan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENDIDIKAN, USIA DAN PENGETAHUAN IBU HAMIL DENGAN ANTENATAL CARE DI PUSKESMAS ULEE KARENG BANDA ACEH (Firman Guntara Desky, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, USIA DAN PARITAS IBU HAMIL DENGAN ANTENATAL CARE DI PUSKESMAS DARUSSALAM ACEH BESAR TAHUN 2014 (Chyntarra Wulanda, 2015)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, PENDIDIKAN DAN PEKERJAAN DENGAN CAKUPAN ANTENATAL CARE PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS KUTA BARO ACEH BESAR TAHUN 2013 (Yuli Dwi Aksara , 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KUNJUNGAN ANTENATAL CARE DI PUSKESMAS INGIN JAYA (Nida Ulhaq, 2016)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN ANTENATAL CARE PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM BANDA ACEH TAHUN 2013 (TRIJAJAYANDARI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy