//

HUBUNGAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL PENDERITA THALASEMIA USIA SEKOLAH DI SENTRAL THALASEMIA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Siti Faizah - Personal Name
SubjectTHALASEMIA - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Interaksi teman sebaya tidak terlepas dari aktivitas anak usia sekolah karena tugas perkembangan yang harus dilalui anak adalah industri versus inferioritas. Anak harus terlibat dalam suatu kegiatan dengan teman sebayanya karena teman sebaya sebagai agen sosialisasi terpenting bagi anak. Anak belajar berkerjasama, bersaing, bertentangan dan menyesuaikan diri. Anak usia sekolah yang menderita thalasemia memiliki keterbatasan dalam melakukan aktivitas tertentu karena akan mudah lelah sehingga anak harus melakukan aktivitas sesuai dengan kemampuannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan interaksi teman sebaya dengan perkembangan sosial penderita thalasemia usia sekolah di Sentral Thalasemia Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Desain penelitian bersifat deskriptif korelatif dan menggunakan teknik pengambilan sampel secara quota sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 penderita thalasemia usia sekolah. Uji analisis yang digunakan adalah Chi-Square. Hasil analisa data, diperoleh ada hubungan interaksi teman sebaya (p-value= 0,011), kerjasama (p-value=0,004), persaingan (p-value=0,011), pertentangan (p-value=0,023), dan akomodasi atau penyesuaian diri (p-value=0,028) dengan perkembangan sosial penderita thalasemia usia sekolah di Sentral Thalasemia Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh tahun 2014. Saran bagi keluarga adalah memberikan kesempatan dan menfasilitasi anak thalasemia untuk mengikuti kegiatan yang mereka sukai sesuai dengan kemampuan mereka.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KEPATUHAN MINUM OBAT KELASI BESI TERHADAP PERKEMBANGAN SEKS SEKUNDER PADA ANAK PENDERITA THALASEMIA BETA MAYOR DI SENTRAL THALASEMIA RSUDZA BANDA ACEH (Fahmiati Arifna, 2017)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PADA ANAK THALASEMIA BETA MAYOR DI BLUD RUMAH SAKIT ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (SHABRINA, 2016)

HUBUNGAN ANTARA KEPATUHAN MINUM OBAT KELASI BESI DENGAN PERTUMBUHAN LINIER ANAK PENDERITA THALASEMIA BETA MAYOR DI SENTRAL THALASEMIA RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (FANINA RIZKIA, 2017)

GAMBARAN EMOSI DAN PERILAKU PADA ANAK THALASEMIA DI RUANG THURSINA 1 RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (ILMA TAWARINA, 2018)

GAMBARAN SELF CARE PADA ANAK USIA SEKOLAH DENGAN THALASEMIA MAYOR DI RUANG SENTRAL THALASEMIA RSUD DR. ZAINOEL ABIDINRNBANDA ACEH (Adyanur, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy