//

HUBUNGAN FAKTOR PERILAKU DENGAN KEPATUHAN MENJALANI PENGOBATAN DIRECTLY OBSERVED TREATMENT SHORTCOURSE (DOTS) PADA PASIEN TUBERKULOSIS PARU DI POLIKLINIK PARU RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Miftahul Jannah - Personal Name
SubjectTUBERCULOSIS - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Pasien dengan tuberkulosis sering menjadi sangat lemah karena penyakit kronis yang berkepanjangan yang menyebabkan gangguan status nutrisi. Anoreksia, penurunan berat dan malnutrisi umum terjadi pada pasien dengan tuberkulosis. Kepatuhan pengobatan yang tidak baik merupakan faktor penyebab kegagalan dalam mencapai kesembuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor perilaku dengan kepatuhan menjalani pengobatan Directly Observerd Treatment Shortcourse (DOTS) pada pasien TB Paru di Poliklinik Paru RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh tahun 2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelatif dengan desain cross sectional study. Populasinya adalah pasien TB Paru. Metode pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan jumlah 75 sampel. Alat pengumpulan data berupa kuesioner dalam bentuk dichotomous choice. Data dianalisis dengan perangkat komputer menggunakan uji chi-square dengan confidence interval 95% dan α = 0.05. Pengumpulan data dilakukan tanggal 20 Mei sampai dengan 06 Juni 2014 di Poliklinik Paru RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Hasil uji statistik diketahui bahwa ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan (p-value 0.004), sikap (p-value 0.004), pendidikan (p-value 0.004), penghasilan (p-value 0.001), jarak ke pelayanan kesehatan (p-value 0.005), sikap petugas (p-value 0.003), dan dukungan keluarga (p-value 0.004) pasien TB paru dengan kepatuhan menjalani pengobatan DOTS. Diharapkan pasien dan keluarga lebih memperhatikan dan patuh dalam menjalani pengobatan DOTS untuk penyembuhan penyakit tuberkulosis paru yang dideritanya dan perawat lebih meningkatkan promosi kesehatan yang berhubungan dengan tuberkulosis.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN LAMA PENGOBATAN TUBERKULOSIS (TB) DENGAN TINGKAT GEJALA DEPRESI PADA PASIEN TB PARU DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Ashari Zuprin, 2015)

HUBUNGAN KINERJA PENGAWAS MINUM OBAT (PMO) DENGAN KETERATURAN BEROBAT PASIEN TB PARU DAN KONVERSI SPUTUM BTA DI RSUDZA BANDA ACEH (Mutiana Safitri, 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN PASIEN TUBERKULOSIS PARU TERHADAP KETERATURAN MINUM OBAT DI RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL BANDA ACEH (Muhammad Caesar Tursina, 2016)

HUBUNGAN KEPATUHAN MINUM OBAT ANTI TUBERKULOSIS (OAT) DENGAN PENINGKATAN BERAT BADAN PADA PASIEN RAWAT JALAN DI BAGIAN/SMF PULMONOLOGI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (melianty iriany, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PENDERITA TUBERKULOSIS PARU DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT ANTI TUBERKULOSIS (OAT)DI RSUD DR. HUSNI THAMRIN NATAL KABUPATEN MANDAILING NATAL (Rolan Ronaldo, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy