Search :

Advance


PERAN PERAWAT DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN NUTRISI PASIEN KEMOTERAPI DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH RNDR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEHRNTAHUN 2014

Baca Online BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Jayus Maliza Vantona - Personal Name
Subyek CANCER
NUTRITIONAL FULFILLMENT
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kanker merupakan penyebab kematian kedua setelah penyakit kardiovaskular di dunia, sedangkan di Indonesia kanker merupakan penyakit tidak menular ke-4 tertinggi prevalensinya. Salah satu modalitas pengobatan kanker adalah kemoterapi yang dapat mengakibatkan efek samping pada berbagai sistem tubuh seperti gangguan saluran cerna. Kondisi ini menyebabkan kebutuhan nutrisi pada pasien menjadi tidak terpenuhi dengan baik. Perawat berperan penting dalam deteksi dini dan skrining malnutrisi pada pasien kanker. Pada pelaksanaannya masih ada perawat yang kurang menjalankan perannya dengan optimal. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran perawat dalam memenuhi kebutuhan nutrisi pasien dengan tindakan kemoterapi di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh Tahun 2014. Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan desain cross sectional study. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 39 responden. Alat pengumpulan data berupa kuesioner yang disusun sendiri oleh penulis dalam bentuk pernyataan menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum peran perawat berada pada kategori baik (82%), dengan rincian untuk peran sebagai pelaksana (79%), pendidik (90%), manajer (79%), advokat (82%), kolaborator (87%), sedangkan peran konsultan/konselor (62%) dan change agent (72%) berada dalam kategori kurang. Berdasarkan hasil tersebut maka diharapkan perawat dapat mempertahankan dan meningkatkan perannya dalam pemberian asuhan keperawatan terutama dalam memenuhi kebutuhan nutrisi pada pasien kemoterapi seperti pemberian informasi, pendidikan kesehatan, dan dukungan positif kepada pasien sehingga prognosis penyakit akan lebih baik

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI KOMPARATIF PEMENUHAN SPIRITUAL PASIEN DI RUANG RAWAT INAP PENYAKIT DALAM PRIA DAN WANITA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (RIZATUL HUSNA, 2015)

HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG GIZI DENGAN PEMENUHAN NUTRISI PADA PASIEN KANKER YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013 (Agus Rina Jamala Lbs, 2014)

HUBUNGAN PERAN PERAWAT PELAKSANA DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL GINJAL KRONIS YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (RIDHA MUTIA, 2015)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESIAPAN PERAWAT DALAM PEMBERIAN KEMOTERAPI RNDI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH RNDR. ZAINOEL ABIDIN BANDA RNACEH TAHUN 2014 (Yelli Sustarina, 2014)

PENGARUH EMOSIONAL PEKERJA TERHADAP KINERJA; PENYAMPAIAN AFEKTIF SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI PADA PERAWAT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (YUNI ANANDA ZULFIDA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.