//

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN ISPA PADA BALITA DI DESA MEUNASAH MANYANG KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA ACEH BESAR TAHUN 2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Eka Kurnia Sari - Personal Name
SubjectRESPIRATORY TRACT INFECTIONS-MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keperawatan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 24 Juni 2014 xiv + VI Bab + 63 halaman + 11 tabel + 2 skema + 14 lampiran EKA KURNIA SARI 1007101020072 FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN ISPA PADA BALITA DI DESA MEUNASAH MANYANG KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA ACEH BESAR TAHUN 2014 ABSTRAK Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) masih merupakan masalah kesehatan utama yang banyak ditemukan di Indonesia terutama Aceh. ISPA termasuk 10 besar penyakit yang sering dialami masyarakat dan setiap tahunnya prevalensi kejadiannya semakin meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan faktor pendapatan keluarga, pendidikan ibu, sanitasi rumah dan status gizi dengan kejadian ISPA pada balita di desa Meunasah Manyang kecamatan Krueng Barona Jaya Aceh Besar tahun 2014. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 30 April sampai dengan 9 Mei 2014. Desain penelitian menggunakan deskriptif korelatif melalui pendekatan cross sectional study dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling terhadap 55 responden. Alat pengumpulan data berupa kuesioner dengan metode observasi, pengukuran dan wawancara terpimpin. Data yang diperoleh dianalisis secara univariat dan bivariat. Uji statistik yang digunakan adalah uji chi square. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pendapatan keluarga dengan kejadian ISPA (p-value = 0,003), terdapat hubungan antara pendidikan ibu dengan kejadian ISPA (p-value = 0,001), terdapat hubungan antara sanitasi rumah dengan kejadian ISPA (p-value = 0,001), terdapat hubungan antara status gizi dengan kejadian ISPA (p-value = 0,001). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan kepada Puskesmas dan kader kesehatan yang berada di desa untuk memberikan informasi dan meningkatkan pengetahuan keluarga terutama ibu tentang ISPA melalui kegiatan penyuluhan dan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat pada keluarga seperti mempertahankan lingkungan rumah yang sehat dan status gizi balita yang baik untuk mencegah meningkatnya kejadian ISPA. Kata kunci : ISPA, balita, pendapatan keluarga, pendidikan ibu, sanitasi rumah, status gizi Daftar bacaan : 24 buku + 7 jurnal + 17 sumber online (1999-2014)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PENGETAHUAN GIZI IBU TENTANG POLA MAKAN TERHADAP STATUS GIZI BALITA DI DESA MEUNASAH MANYANG KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Maqfirah, 2015)

HUBUNGAN PERILAKU MEROKOK DALAM KELUARGA DENGAN KEJADIAN ISPA PADA BALITA DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2014 (Mauliana, 2014)

HUBUNGAN FAKTOR PERSONAL DENGAN KEMAMPUAN IBU DALAM MERAWAT BALITA DENGAN INFEKSI SALURAN PERNAPASAN AKUT DI ACEH BESAR (Gusni Khairiah, 2017)

GAMBARAN FAKTOR RISIKO KEJADIAN INFEKSI SALURAN PERNAFASAN AKUT (ISPA) PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BAITURRAHMAN BANDA ACEH (Yulia Mawaddah Indah Sari, 2019)

PROSES PEMBUATAN KERAJINAN BATIK ACEH DI DESA MEUNASAH MANYANG KECAMATAN PAGAR AIR KABUPATEN ACEH BESAR (Fitriani, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy