//

KAJIAN PERKEMBANGAN KAWASAN PINGGIRAN KOTA (URBAN FRINGE) BANDA ACEH(STUDI KASUS : KECAMATAN BANDA RAYA, LUENG BATA DAN ULEE KARENG)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maya Sari - Personal Name
SubjectCITY PLANNING
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi Magister Teknik Sipil
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

KAJIAN PERKEMBANGAN KAWASAN PINGGIRAN KOTA (URBAN FRINGE) BANDA ACEH (Studi Kasus : Kecamatan Banda Raya, Lueng Bata dan Ulee Kareng) Oleh : Maya Sari NIM. 1209200060067 ABSTRAK Perkembangan suatu kawasan sangat dipengaruhi oleh kawasan sekitarnya, terutama antara kawasan kota dengan kawasan pinggirannya. Sejalan dengan perkembangan Kota Banda Aceh sebagai Ibukota Provinsi Aceh yang memiliki aktivitas kompleks, kawasan pinggiran sebagai daerah penyangga secara langsung menerima dampak terhadap perkembangan kota tersebut. Kecamatan Banda Raya, Lueng Bata, dan Ulee Kareng sebagai kawasan pinggiran Kota Banda Aceh dengan daya dukung untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang tinggi. Penggunaan lahan dikawasan ini berbasis pada sektor pertaniaan, sehingga perekonomian di kawasan pinggiran ini sangat bergantung pada pemasaran hasil pertanian namun secara fungsional kecamatan-kecamaan ini berfungsi untuk mendukung aktivitas perkotaan Kota Banda Aceh. Semua proses ini menyebabkan perubahan dalam aspek keruangan yang akan mempengaruhi pola perkembangan di kawasan pinggiran. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Tujuannya untuk mengidentifikasi kondisi eksisting dan perubahan penggunaan lahan yang terjadi dikawasan pinggiran terkait dengan kebijakan pemerintah Kota Banda Aceh serta mengarahkan pola perkembangan kawasan pinggiran kota (urban fringe) di Banda Aceh. Manfaat penelitian ini adalah untuk memberi informasi bagi Pemerintah Kota Banda Aceh sebagai bahan pertimbangan dan acuan dalam menentukan kebijakan pengembangan kawasan pinggiran Kota Banda Aceh. Perkembangan kawasan yang ditandai dengan perubahan penggunaan lahan tertinggi terdapat pada Kecamatan Ulee Kareng yaitu di Gampong Ceurih dan sepanjang jalur transportasi baru yaitu Jalan Prof. Ali Hasyimi yang melintasi Gampong Lambhuk, Lamteh, Ilie dan Pango Raya. Pada Kecamatan Banda Raya perubahan penggunaan lahan terbangun sangat jelas terlihat di Gampong Mibo, Lhong Raya dan Lampeuot. Pada Kecamatan Lueng Bata perubahan penggunaan lahan terbangun terjadi di Gampong Batoh dan Lamdom. Arahan kebijakan pengembangan kawasan pinggiran Kecamatan Lueng Bata telah menyentuh pada wilayah cepat berkembang yaitu Gampong Batoh. Namun Gampong Mibo di Kecamatan Banda Raya dan Gampong Ceurih di Kecamatan Ulee Kareng yang tidak termasuk dalam kebijakan pengembangan kawasan pinggiran justru berkembang dengan pesat, sehingga perkembangan kawasan pinggiran pada Kecamatan Banda Raya dan Ulee Kareng berjalan secara alami, tanpa arahan kebijakan Pemerintah Kota Banda Aceh. Pola perkembangan kawasan pinggiran di Kecamatan Banda Raya, Lueng Bata, dan Ulee Kareng terbentuk atas pola radial yang mengikuti pola jaringan jalan. Kata kunci : perkembangan kawasan, penggunaan lahan, urban fringe, Kota Banda Aceh

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MONITORING PULAU PANAS PERKOTAAN (URBAN HEAT ISLAND) BERDASARKAN PENILAIAN TEMPERATUR PERMUKAAN DI KOTA BANDA ACEH MENGGUNAKAN PENGINDERAAN JAUH (ZINATUL HAYATI, 2019)

KAJIAN PENGEMBANGAN KAWASAN STRATEGIS SEKTOR PERDAGANGAN DAN JASA KOTA BANDA ACEH. STUDI KASUS : KEC. LUENG BATA (RIDHIA MAISARINA, 2016)

ANALISIS PERKEMBANGAN KAWASAN PINGGIRAN KOTA (PERI-URBAN ) SEBAGAI AKIBAT ALIH FUNGSI LAHAN ( STUDI KASUS DI KECAMATAN INGIN JAYA, KRUENG BARONA JAYA DAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR ) (RINI ROSDINA, 2019)

UJI BAKTERIOLOGIS PADA AIR MINUM ISI ULANG DI DUA DESA (LEUNG BATA DAN PANTERIEK) KECAMATAN LUENG BATA KOTA BANDA ACEH (Yuliza Azella, 2017)

KONTAMINASI BAKTERI COLIFORM PADA AIR MINUM ISI ULANG DI DESA ILIE KECAMATAN ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH (Muhammad Iqbal Pratama Sekedang, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy