//

EVALUASI PERMINTAAN DAN PERMASALAHAN PARKIR (STUDI KASUS PASAR ACEH KOTA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hilma Erliana - Personal Name
SubjectPARKING APRONS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pasca Sarjana
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kawasan Pasar Aceh di Kota Banda Aceh saat ini sering mengalami kemacetan akibat banyak yang memarkirkan kendaraannya di badan jalan (on street parking) padahal telah disediakan gedung parkir (off street parking). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kebutuhan ruang parkir yang optimal untuk melayani para pengunjung Pasar Aceh dan memprediksi kebutuhan ruang parkir untuk 5 tahun ke depan, serta mengidentifikasi permasalahan akibat on street parking berdasarkan persepsi masyarakat di kawasan Pasar Aceh. Data primer terdiri dari data karakteristik parkir dan pengguna parkir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode cordon volume studies dengan metode akumulasi maksimum kendaraan parkir, pembagian kuesioner metode pengukuran data menggunakan skala likert. Hasil analisis di dapat volume parkir tertinggi adalah pada hari Minggu sebesar 2901 kendaraan untuk roda 2 dan 566 kendaraan untuk roda 4. Permintaan parkir tertinggi terjadi pada hari Sabtu pukul 16.00 – 18.00 wib di mana kendaraan roda 2 kebutuhan parkir sebesar 536 kendaraan dengan kapasitas parkir yang tersedia 680 kendaraan dan untuk kendaraan roda 4 kebutuhan parkir sebesar 104 kendaraan dengan kapasitas parkir yang tersedia hanya sebesar 39 kendaraan. Jumlah kebutuhan parkir 5 tahun ke depan yaitu pada tahun 2019 terjadi kekurangan satuan parkir sebesar 351 SRP untuk roda 2 dan 15 SRP untuk roda 4. Hasil kuesioner diperoleh variabel yang paling mempengaruhi adalah variabel bukti fisik (tangibility) yaitu fasilitas off street parking yang letaknya jauh dari lokasi yang ingin dituju dan untuk lantai 3 (lantai atap) tidak ada pelindung sehingga kendaraan tidak terlindungi dari panas maupun hujan. Hasil wawancara (interview) permasalahan yang paling sering dihadapi adalah masyarakat sangat sulit mencari tempat parkir karena sering penuh dan semrawut. Masyarakat lebih memilih parkir pada on street parking karena fasilitas off street parking jauh dari lokasi yang dituju.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KEBUTUHAN PARKIR PADA KAWASAN PASAR SAYUR PEUNAYONG BANDA ACEH (Fitria Rahmah, 2014)

WILLINGNESS TO PAY TERHADAP AREA PARKIR VERTIKAL DI KOTA BANDA ACEH (Restu Rahmi, 2014)

ANALISIS KEBUTUHAN RUANG PARKIR DI KAWASAN TAMAN SARI KOTA BANDA ACEH (Nur Wahida, 2018)

KAJIAN SOSIOLOGIS TERHADAP BIROKRASI PENGELOLAAN PARKIR DI KOTA BANDA ACEH (Nauvan, 2019)

PARKIR ILEGAL DI TEPI JALAN KOTA DAN DAMPAKNYA TERHADAP SOCIAL COSTS DAN ECONOMIC COSTS (STUDI KASUS : KOTA BANDA ACEH) (RINA RINANDA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy